Selasa, 16 April 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 30 Juli 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Durian selama ini dianggap berkaitan dengan darah tinggi. Sehingga banyak yang menghindari buah satu ini. 

Padahal durian juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti mengatasi bau mulut, perut kembung hingga kerusakan gigi.

Meskipun durian memiliki aroma yang sangat menyengat, sejumlah penelitian sudah meyakini bahwa durian bisa menghilangkan bau mulut.

Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Chulalongkorn di Thailand telah berusaha membukti fakta durian untuk kesehatan mulut manusia.

Hasilnya, mereka melihat durian sangat baik untuk pembersih mulut. Karena, durian memiliki zat yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada tikus.

Ilustrasi durian. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa konsumsi durian bisa menjaga kebersihan mulut dan membunuh bakteri penyebab bau mulut secara alami.

"Durian bisa digunakan sebagai agen antibakteri alami dalam produk kebersihan mulut," kata peneliti, dikutip dari World of Buzz.

Selain itu, konsumsi buah durian ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit periodontal. Itu adalah pembengkakan gusi dan penyangga tulang di sekitar gigi.

Buah durian. (Shutterstock)

Penelitian ini juga menemukan zat pada durian berfungsi sama dengan klorheksidin. Menurut Science Direst, klorheksidin adalah anti-septik yang biasa ditemukan dalam produk pencuci mulut.

Zat tersebut bekerja untuk mengurangi senyawa yang menyebabkan bau mulut. Oleh karenanya, berbahagialah bagi Anda yang menyukai durian!

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Makan Daging Sebabkan Tekanan Darah Tinggi? Ini Kata Ahli!