Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Rabu, 24 Juli 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setelah Nunung, kini pihak kepolisian telah menangkap Jefri Nichol juga soal kasus penyalahgunaan narkoba. Jefri Nichol ditangkap di kawasan Residence Kemang, Selasa (23/07/2019) dini hari. 

Saat mengamankan, polisi menyita barang bukti berupa ganja seberat 6, 01 gram. Berdasarkan keterangan kepolisian, Jefri Nichol menyimpan ganja tersebut di kulkas.

Seperti yang Anda ketahui, Jefri Nichol bukan lagi artis pertama yang tersangkut kasus narkoba jenis ganja. Sebelumnya, sudah banyak artis Indonesia yang tersangkut penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Ganja alias cimeng atau marijuana salah satu narkoba yang paling populer di Indonesia. Ganja bisa menyebabkan kecanduan jika dikonsumsi terlalu banyak, meskipun dinilai lebih ringan dari narkotika jenis lainnya.

Karena itu, jika pengguna ganja ingin berhenti total mungkin akan mengalami sakau sebelum akhirnya bebas dari ketergantungan.

Melansir dari hellosehat.com, sakau adalah gejala tubuh yang terjadi akibat pemberhentian pemakaian obat secara mendadak. Sakau ganja biasanya terjadi pada pengguna yang sudah masuk tahap kecanduan dan tiba-tiba berhenti.

Sekitar 50 persen pengguna ganja berat biasanya mengalami gejala sakau. Tingkat keparahan dan durasi sakau ganja pun dipengaruhi oleh seberapa parah orang tersebut ketergantungan.

Lebih lanjut, sebenarnya tanda orang menggunakan ganja sukar dikenali. Tetapi dilansir dari Drug Rehab, orang yang menggunakan ganja biasanya menunjukkan sejumlah perubahan fisik, psikologis dan prilaku.

Ganja Jefri Nichol. [dok.polisi]

1. Berbicara keras dan tertawa
2. Mudah marah
3. Perubahan suasana hati
4. Tingkat energi rendah
5. Aktivitas berkurang

Selain itu, orang yang menggunakan ganja juga cenderung mengabaikan kebersihan mereka. Baik dalam segi tatanan pakaian, rambut hingga kendaraannya seperti tak terawat.

Ganja juga bisa membuat orang merasa euforia, bersemangat atau santai. Mereka akan mengalami sejumlah gejala sesaat setelah menggunakannya.

Jefri Nichol [Suara.com/Revi C Rantung]

Ada pula gejala fisiknya jika seseorang sedang sakau ganja.

1. Mual
2. Sakit perut
3. Berkeringat
4. Panas dingin
5. Ngidam
6. Demam
7. Gemetaran

BACA SELANJUTNYA

Belajar dari Kasus Millen Cyrus, Kenali Ciri-Ciri Orang Sakau Narkoba Sabu!