Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah : Rabu, 17 Juli 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tak lama ini terdengar kabar tentang seorang lelaki asal Minahasa, Sulawesi Utara, yang diduga meninggal akibat mengonsumsi durian dan meminum kopi.

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro dalam vlognya yang diunggah pada Selasa (16/7/2019), durian memang mengandung kalori yang cukup tinggi.

Per 100gram durian mengandung 150 hingga 300 kalori, tergantung dengan jenis durian tersebut. Jika buah ini dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan obesitas.

"Tentunya, itu akan menyebabkan faktor risiko penyakit-penyakit kronis. Kayak penyakit jantung, penyakit diabetes, terus penyakit lain (terkait) kardiovaskular," tuturnya.

Oleh karena itu, Reisa menyarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat biji durian saja.

Sedangkan untuk kopi sendiri, justru sangat baik untuk tubuh.

Reisa menjelaskan efek dari makan durian dan minum kopi (YouTube/Reisa Broto Asmoro)

Bahkan, kopi murni (tanpa pemanis tambahan), mempunyai manfaat untuk menurunkan diabetes, mencegah parkison, hingga demensia.

Lalu, bagaimana jika buah dan minuman ini dikonsumsi secara bersamaan akan menyebabkan kematian?

"Sebenarnya, sampai sekarang tidak ada penelitian yang dapat membuktikan efek samping mengonsumsi keduanya sampai menimbulkan kematian," jelas Reisa.

Menurutnya, kemungkinan penyebab lelaki asal Minahasa tersebut meninggal karena dia sudah mempunyai faktor risiko penyakit tertentu. Seperti riwayat penyakit jantung atau maag kronis.

"Jadi jangan khawatir kalau kita dalam kondisi sehat-sehat aja, dan kita tahu pasti kondisi tubuh kita dalam keadaan prima, tidak mengalami penyakit berbahaya, ya boleh lah," tandasnya.

BACA SELANJUTNYA

Gigi Berlubang Tak Boleh Disepelekan, Dokter Ingatkan Hal Ini