Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 16 Juli 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selama ini mayoritas orang akan membuat kulit atau cangkang telur karena menganggapnya tidak bermanfaat. Kecuali ada yang sengaja mengumpulkannya untuk dijadikan bagian dari kerajinan.

Padahal cangkang telur juga bermanfaat untuk kesehatan, yaitu mengandung banyak kalsium karbonat yang biasanya ditemukan dalam produk susu. Bahkan hanya setengah kulit telur sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium orang dewasa.

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubuk cangkang telur ayam sebagai suplemen kalsium alami.

Studi pada tikus dan babi dilansir dari Healthline, telah membuktikan bahwa kulit telur adalah sumber kalsium yang paling banyak.

Beberapa penelitian bahwa menyatakan penyerapan kalsium dari bubuk cangkang telur 64 persen lebih besar daripada kalsium karbonat murni.

Selain kalsium, cangkang telur juga mengandung sejumlah kecil protein dan mineral seperti strontium, fluoride, magnesium dan selenium.

Cangkang atau kulit telur. (Shutterstock)

Kandungan dalam cangkang telur inilah yang dipercaya baik untuk kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

Seperti yang diketahui asupan kalsium yang tidak memadai bisa menyebabkan tulang keropos dan osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Dalam hal ini bubuk cangkang telur yang mengandung banyak kalsium bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan asupan kalsium dalam tubuh.

Sebuah studi pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis menemukan bubuk cangkang telur ditambah vitamin D3 dan magnesium sangat efektif meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Bahkan bubuk cangkang telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada kalsium karbonat murni.

Selain itu, membran kulit telur yang memisahkan antara putih kulit dan putih telur juga menyediakan nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan sendi.

Karena membran kulit telur mengandung protein dalam bentuk kolagen, sejumlah kecil kondroitin sulfat, glukosamin dan nutrisi lainnya.

BACA SELANJUTNYA

Penting, Lakukan 4 Langkah Ini pada Hari Pertama Diare