Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti : Selasa, 16 Juli 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Banyak orang beranggapan, mandi air dingin di pagi hari adalah yang bagus untuk memulai hari dan penting sebelum melakukan aktivitas harian. 

Namun, jika berbicara soal manfaat mandi, Elizabeth Culnan, Ph.D., Postdoctoral Fellow di Behavioral Sleep Medicine, Rush University Medical Center mengatakan, mandi sebelum tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu lebih cepat tidur.

Selain itu, ia menjelaskan jika waktu juga penting, yaitu mandi dua jam sebelum tidur bisa membantu menghangatkan tubuh Anda. Saat tubuh hangat, Anda akan tidur dengan santai.

Kebiasaan ini, lanjutnya, juga bermanfaat saat cuaca panas. "Dalam cuaca panas, mungkin sulit untuk menurunkan suhu tubuh secara alami yang diperlukan untuk tidur yang baik," kata seorang dokter keluarga di Maryland, Mia Finkelstin, M.D. dilansir dari medicaldaily.

Sedangkan, mandi pagi juga bermanfaat untuk kesehatan. Mandi di pagi hari telah menjadi bagian dari rutinitas yang berfungsi untuk membangunkan otak dan memberi tahu bahwa itu adalah awal hari yang baru.

Ilustrasi mandi, keramas. (Shutterstock)

Dokter naturopati mengklaim bahwa nenek moyang dulu telah mengikuti praktik tertentu yang disebut hidroterapi. Ini adalah soal pergantian antara mandi air panas atau hangat dan air dingin untuk membangkitkan sistem, meningkatkan aliran darah, dan lebih lanjut lagi mendukung sistem kekebalan tubuh.

Terlepas, mandi dalam waktu lama atau cepat, mandi air hangat atau air dingin, bahkan mandi pagi atau mandi malam, pada intinya adalah tidak ada waktu yang salah untuk mandi.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, Aktivitas Ini Justru Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona!