Sabtu, 20 April 2024
Vika Widiastuti : Sabtu, 06 Juli 2019 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pernahkah Anda merasa lapar padahal baru saja makan? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu stres, ketidakseimbangan hormom, kadar gula rendah atau efek samping obat-obatan tertentu. 

Selain itu, diketahui bahwa hormon memainkan peran penting dalam pengaturan lapar dan penumpukan lemak di dalam tubuh. Ada dua jenis hormon yang terlibat, yaitu ghrelin dan leptin.

Homen ghrelin memicu rasa lapar dengan cara mengirim sinyal ke otak. Anda akan makan berlebih jika hormon ini diproduksi secara berlebihan di dalam tubuh. Hingga menyebabkan penumpukan lemak dan menambah berat badan.

Sementara leptin berperan untuk menekan nafsu makan dengan cara mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah kenyang. Hal ini akan mencegah Anda untuk makan terlalu banyak.

Namun, jika leptin tidak dikeluarkan dengan tepat, Anda akan sering merasa lapar hingga menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk itu, sangat penting mengonsumsi makanan yang meningkatkan kadar leptin dan menurunkan kadar ghrelin.

Dilansir Suara.com dari boldsky, berikut makanan yang membantu Anda untuk mengatasi rasa lapar.

1. Telur

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa makan telur untuk sarapan pagi bisa menekan hormon ghrelin. Itu sebabnya, Anda akan tidak akan terlalu merasa lapar saat siang hari. Mengonsumsi telur juga berarti lebih sedikit asupan kalori.

Ilustrasi sarapan telur. (Shutterstock)

2. Wortel

Wortel kaya akan serat dan karotenoid sehingga mengonsumsi wortel sebagai camilan di sela-sela waktu makan akan membantu mengurangi produksi asam lambung dan mengurangi rasa lapar.

3. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi akan membuat Anda merasa puas dan kenyang. Oatmeal juga mengandung serat tidak larut yang mengisi perut dan membantu produksi asam lemak yang dikenal sebagai butirat, yang mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Kandungan karbohidrat dalam oatmeal dapat membuat Anda kenyang lebih sehingga mencegah rasa lapar yang berujung pada makan berlebihan.

4. Alpukat

Alpukat dianggap sebagai salah satu buah tersehat. Karena kandungan antioksidannya, alpukat bisa mengurangi asam pencernaan di lambung dan mengurangi rasa lapar.

Buah alpukat. (Shutterstock)

5. Kacang kedelai

Kacang kedelai kaya akan serat dan protein sehingga sangat baik untuk mengendalikan dan mengelola rasa lapar. Kandungan serat dan protein dalam kacang kedelai membantu mengurangi produksi asam lambung dengan demikian membantu mengurangi rasa lapar.

BACA SELANJUTNYA

Stres Bisa Pengaruhi Tingkat Kesuburan Wanita, Ini Temuan Peneliti!