Sabtu, 27 April 2024
Vika Widiastuti : Sabtu, 29 Juni 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Bahaya atau dampak buruk duduk berjam-jam saat bekerja bukanlah hal yang baru. Banyak pakar mengingatkakan duduk dalam satu posisi terlalu lama bisa berbahaya untuk kesehatan.

Namun, bagaimana saat pekerjaan membuat Anda harus duduk selama 8 sampai 10 jam per hari? Nah, sebuah penelitian yang baru dilakukan oleh University of Cambridge ini memberikan solusinya.

Dilansir dari timesofindia, University of Cambridge telah meninjau 16 studi dalam waktu 13 tahun termasuk data lebih dari 1 juta orang. Melalui studi ini, para peneliti menemukan bahwa satu jam berolahraga dengan intensitas sedang, bisa dengan berjalan atau bersepeda, dapat menghilangkan efek dari kebiasaan buruk ini.

Para peneliti mengatakan, studi ini ketika dievaluasi sendiri terlalu sempit untuk mengetahui dampak latihan, tetapi saat dievaluasi secara kolektif, ternyata sangat bermanfaat.

Bukan itu saja, studi lain mengungkapkan ketika Anda menghabiskan lima jam lebih untuk duduk menonton TV, setidaknya Anda harus melakukan 60-75 menit berolahraga. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko dari masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat duduk terlalu lama.

Ilustrasi perempuan menonton tv sambil makan. (Shutterstock)

Menurut para peneliti, terlalu banyak menonton TV dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat bahkan jika Anda melakukan banyak aktivitas fisik. Jadi untuk mengurangi efek buruknya, Anda bisa fokus satu jam olahraga di gym atau ikut kelas yoga.

Cobalah untuk melakukan lebih banyak gerakan dalam aktivitas sehari-hari. Di antaranya seperti naik tangga dibanding naik lift, berjalan ke warung, membawa binatang peliharaan jalan-jalan, dan melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.

 

BACA SELANJUTNYA

Jangan Dilakukan, Ini 5 Bahaya Minum Sambil Berdiri!