Selasa, 23 April 2024
Vika Widiastuti : Selasa, 28 Mei 2019 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Heat stroke atau kondisi akibat peningkatan suhu yang sangat tinggi bisa berakibat fatal bagi tubuh jika tak segera ditangani. Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan kerusakan organ

Dilansir dari the health site, heat stroke disebabkan oleh paparan lama pada suhu tinggi yang tidak normal disertai dehidrasi.

Gejala umum heat stroke meliputi, mual, kejang, kehilangan kesadaran hingga disorientasi. Namun, kondisi yang biasa terjadi di musim panas ini memiliki gejala yang kerap tidak disadari. Berikut gejala heat stroke yang perlu diperhatikan.

1. Kram otot

Kram otot merupakan salah satu gejala paling awal dari heat stroke. Anda mungkin akan mengalami rasa sakit terutama di kaki, lengan, atau perut saat keluar rumah di suhu tinggi. Hal tersebut terjadi karena kadar natrium dalam tubuh berkurang akibat keringat.

2. Sulit berjalan

Heat stroke bisa menganggu sitem saraf Anda. Hal ini mengakibatkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan saat berjalan.

3. Banyak berkeringat

Gejala umum heat stroke adalah saat Anda tak berhenti berkeringat. Selain itu, ada saatnya Anda mulai berkeringat deras.

Ilustrasi perempuan berkeringat. (Shutterstock)

4. Kemerahan pada kulit
Saat terpapar panas, tubuh akan mengarahkan aliran darah ke kulit untuk mendinginkannya. Ini membuat kulit tampak merah. Kulit Anda mungkin terasa kering atau lembap tergantung pada jenis heat stroke.

5. Peningkatan denyut jantung
Ketika terpapar panas, jantung akan memompa lebih keras dan lebih cepat menghasilkan peningkatan denyut jantung. Hal ini terjadi untuk memastikan sistem pendingin tubuh Anda bekerja. Peningatan detak jantung dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

6. Pembengkakan
Jika Anda tidak terbiasa bekerja dalam konsisi panas, Anda mungkin mengalami mati rasa disertai dengan gejala lainnya. Hal ini menyebabkan pembengkakan, terutama pada kaki dan jari yang bisa membuatnya mati rasa.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Biasakan Menahan Bersin, Akibatnya Fatal