Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana : Senin, 27 Mei 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ternyata da hubungan antara kecerdasan seseorang dengan aliran musik yang disukai. Belum lama ini, studi yang dilakukan di Kroasia oleh para peneliti dari Oxford Brookes University mengungkap aliran musik yang disukai orang-orang cerdas.

Menurut studi tersebut, mereka yang menyukai musik karya Mozart dan Bach dinilai lebih cerdas daripada orang yang menyukai lagu karena liriknya.

Para ilmuwan dalam studi itu juga telah menemukan hubungan antara kekuatan otak dan musik instrumental, seperti klasik dan jazz.

Penulis studi tersebut, Elena Racevska, mensurvei 467 remaja dengan meminta mereka melakukan tes kecerdasan.

Hasilnya, yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Biological Sciences, menunjukkan, orang-orang dengan kecerdasan rendah lebih suka musik yang disertai dengan lirik daripada orkestra yang kompleks.

Ilustrasi wanita cerdas berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)

Fakta tersebut menegaskan kembali teori populer dari Satoshi Kanazawa yang dikenal dengan sebutan hipotesis Savanna-IQ, yang menghubungkan kecerdasan dengan rangsangan baru atau tak biasa.

"Setelah membaca makalah Kanazawa, salah satunya adalah tentang hubungan antara kecerdasan dan preferensi musik, kami memutuskan untuk menguji lebih lanjut hipotesisnya menggunakan serangkaian prediktor yang berbeda, yaitu jenis tes kecerdasan yang berbeda, ukuran nonverbal, dan menggunakan kuesioner musik," kata Racevska, dikutip dari Daily Mail, Kamis (23/5/2019).

Namun, ia juga mengakui bahwa penelitian ini terbatas dan tidak memperhitungkan berbagai faktor lain, seperti usia, tingkat pendidikan, dan kelas.

BACA SELANJUTNYA

Ini Deretan Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Sejak dalam Kandungan