Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti : Kamis, 02 Mei 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat awal puasa, tubuh akan merasakan perubahan. Hal itu kerana dari yang biasanya makan saat lapar, kini Anda hanya makan saat sahur dan berbuka puasa. 

Pada awal puasa, tubuh pun akan memberi sinyal lapar yang lebih kuat kepada Anda karena tubuh belum tahu jika Anda sedang puasa. Anda pun akan merasa lebih lemas saat terjadi kekurangan energi di awal-awal masa puasa.

Jika Anda sudah mempersiapkan diri Anda sebelum puasa, Anda mungkin tidak akan merasa sangat lapar dan lemas di awal-awal masa puasa Anda.

Bagaimana cara mempersiapkan fisik menjelang bulan puasa, ini nutrisi yang Anda butuhkan dilansir Suara.com dari Hello Sehat. 

Anda bisa mempersiapkan diri sebelum puasa dengan mengubah kebiasaan makan Anda menjadi lebih sehat dan lebih teratur. Dengan begitu, tubuh Anda pun nantinya akan terbiasa dengan jeda waktu antar makan saat puasa yang lebih lama. Beberapa makanan bergizi, penting untuk Anda konsumsi sebelum puasa agar tubuh Anda dalam kondisi sehat saat memasuki bulan puasa.

Ilustrasi pola makan (Pixabay/rawpixel)

Beberapa nutrisi penting yang harus Anda penuhi adalah karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Tak ketinggalan, vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C dan zinc juga Anda butuhkan untuk mempersiapkan tubuh sebelum puasa.

Vitamin C dan zinc merupakan kombinasi vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, Anda tidak sakit sebelum dan selama menjalankan ibadah puasa. Vitamin C berfungsi untuk membantu melindungi sel-sel dalam tubuh agar tetap sehat. Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sayuran. (pixabay/sponchia)

Sedangkan, mineral zinc terlibat dalam berbagai aspek metabolisme dalam sel, seperti untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Zinc juga berperan dalam pemecahan karbohidrat. Sehingga, pemenuhan kebutuhan zink selama puasa juga dapat membantu mencegah Anda dari rasa lemas karena kekurangan energi (karbohidrat).

Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dan zinc dari berbagai makanan, seperti buah-buahan, sayuran hijau, daging, ayam, kacang-kacangan, susu dan produk susu lainnya.

Jika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dan zinc dari makanan, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen.

Jadi nutrisi apa yang masuk ke dalam tubuh Anda sangat mempengaruhi daya tahan tubuh Anda saat berpuasa, khususnya pada awal-awal Ramadan.  (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

BACA SELANJUTNYA

Mie Instan Sebaiknya Tidak Dijadikan Menu Sahur, Ini Lho Alasannya