Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti : Kamis, 25 April 2019 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Puasa memiliki tantangan tersendiri. Bagi orang yang tinggal di perkotaan misalnya. Mereka akan berhadapan dengan paparan polusi hingga perubahan cuaca yang tak menentu. Jadi, penting untuk melakukan persiapan menjelang puasa. 

Medical Advisor of PT Bayer Indonesia, Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, menyarankan agar sebelum bulan puasa tiba, kita bisa mulai mempersiapkan daya tahan tubuh tetap terjaga.

"Polusi terutama akan menyebabkan oksidasi stres, di mana antioksidan di dalam tubuh berkurang karena terpapar polusi. Apalagi di tambah bulan puasa, dan biasanya kita makannya jadi lebih sembarangan saat berpuasa," ujar dia dalam peluncuran Redoxon Triple Action di Jakarta, Selasa (23/4/2019) diberitakan Suara.com.

Langkah pertama adalah dengan mulai berlatih berpuasa. Biasanya perempuan memiliki hutang puasa yang belum terbayar. Sehingga, kesempatan ini adalah waktu yang tepat agar tubuh beradaptasi.

Selain itu, mulailah untuk mengatur pola makan, misalnya mengurangi makanan yang berlemak dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Serta, atur komposisi antara protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang.

Selain menjaga pola makan dan gaya hidup, mengonsumsi suplemen juga penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

"Mungkin kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda. Paling gampang, konsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak sakit saat puasa," tutup dia. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

BACA SELANJUTNYA

Tak Perlu Takut, Puasa Justru Bisa Redakan Maag dan GERD