Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti : Senin, 22 April 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat merasa kesal atau marah, terkadang seseorang meluapkannya melalui sumpah serapah atau mengumpat. Meski bisa menyakiti orang lain, mengumpat ternyata bermanfaat untuk kesehatan, menurut sebuah studi

Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan Dr. Richard Stephens dan tim. Menurut temuannya mengumpat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menurunkan tingkat stres.

Dilansir Suara.com dari Nypost, untuk mengarah pada kesimpulan ini, Richard yang merupakan dosen senior bidang psikologi di Keele University ini memaksa 67 siswa untuk mandi dalam cuaca dingin. Mereka dibagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk mengumpat selama menahan dingin yang menusuk. Sementara kelompok kedua hanya diizinkan mengucapkan kata-kata netral. Dr. Richard Stephens menemukan bahwa mengumpat meningkatkan ambang rasa sakit murid-muridnya hampir 50 persen.

Rata-rata, siswa dapat mentolerir rasa sakit selama hampir dua menit ketika mengumpat, tetapi hanya satu menit 15 detik ketika mereka tidak melakukannya.

Hasilnya? NEXT

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini, Biar Terhindar dari Penyakit di Hari Tua!