Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti : Kamis, 18 April 2019 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Hari kejepit libur merupakan hari masuk kerja di antara dua libur. Bagi beberapa orang hal bisa bisa mengganggu bahkan memengaruhi kesehatan mental. 

Penyebabnya beragam, ada yang kesal karena tidak dibolehkan cuti, stres karena pekerjaan yang masih banyak, ataupun berniat pura-pura sakit demi mendapat libur panjang.

Untuk itu, berikut Suara.com merangkum beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental bagi Anda yang masih masuk kerja hari ini di harpitnas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 tips jaga kesehatan mental di harpitnas.

1. Olahraga di pagi hari

Percaya nggak, cara terbaik untuk mengenyahkan rasa malas dan mencegah stres adalah dengan memaksa tubuh bergerak dan olahraga di pagi hari.

Olahraga di pagi hari bisa cegah stres saat masuk kerja di harpitnas. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Pakar mengatakan dengan olahraga, tubuh akan terasa lebih segar. Manfaat pikiran yang lebih segar didapat karena saat olahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia.

2. Pindah lokasi kerja

Mengerjakan pekerjaan di saat rekan kerja cuti bisa membuat Anda malas dan tak bersemangat. Karena itu, coba cari lokasi kerja baru untuk menghilangkan suntuk.

Kerja dari luar kantor bisa cegah stres saat masuk kerja di harpitnas. (Shutterstock)

Anda bisa pindah meja kerja sementara untuk mencari suasana baru. Jika memungkinkan, tak ada salahnya untuk bekerja dari luar kantor agar pikiran lebih segar.

3. Istirahat kecil

Tidak selamanya bekerja selama berjam-jam menandakan produktivitas. Justru, bekerja tanpa jeda bisa membuat Anda gampang bosan dan meningkatkan risiko stres.

istirahat kecil bisa cegah stres saat masuk kerja di harpitnas. (Shutterstock)

Untuk mengembalikan konsentrasi dan mood bekerja, Anda dianjurkan mengambil istirahat kecil setiap beberapa jam. Jalan kaki 5 menit keliling ruangan atau sekadar berdiri dan melakukan peregangan bisa bermanfaat lho.

4. Hindari multitasking

Inginnya pekerjaan cepat selesai, tapi melakukan multitasking justru bisa membuat produktivitas terhambat, serta membuat Anda stres.

Hindari multitasking bisa cegah stres saat masuk kerja di harpitnas. (Shutterstock)

Lebih baik, kerjakan hal-hal yang ada di depan mata terlebih dahulu satu persatu, sebelum melakukan pekerjaan. Dengan begitu, konsentrasi tidak terkuras dan mood saat bekerja akan lebih baik.

Itulah tips untuk menjaga kesehatan mental saat bekerja di harpitnas. Silakan dicoba ya! (Suara.com/M. Reza Sulaiman)

BACA SELANJUTNYA

Terapi Tertawa Bisa Mengurangi Rasa Sakit dan Stres