Kamis, 25 April 2024
Vika Widiastuti | Yuliana Sere : Kamis, 18 April 2019 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa orang mudah mengalami kulit terbakar jika melakukan aktivitas yang langsung terpapar sinar matahari.

Kulit terbakar ini terasa perih apalagi jika terkena sesuatu yang asam atau bahkan terkena air. Nah, untuk mengatasi rasa perih ini, beberapa kiat bisa kamu gunakan, dilansir dari Reader's Digest.

1. Rendam dalam susu

“Berendam dalam susu akan memberikan rasa nyaman pada kulit terbakar. Hal ini disebabkan oleh pH, lemak dan suhu dingin," kata Francesca Fusco, MD dari Wexler Dermatology di New York City.

Jika kamu tidak memiliki cukup susu, kamu bisa merendam handuk dalam mangkuk berisi susu dingin lalu letakkan kompres susu pada area yang terbakar.

Susu akan membantu menciptakan lapisan protein di sepanjang kulit yang mengurangi panas, nyeri, dan sensitivitas.

2. Vaseline

"Ketika kamu mengalami sengatan matahari, penting untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik dan lembap," kata Samer Jaber, MD dari Washington Square Dermatology di New York City.

"Triknya masukkan vaseline ke dalam kulkas selama beberapa menit sehingga dingin karena rasa dingin akan meredakan sengatan matahari," tambahnya.

Oatmeal. (pixabay/annafood)

3. Gunakan oatmeal

Tambahkan setidaknya satu cangkir gandum halus ke dalam air mandi dan gunakan tanganmu untuk mengoleskan oatmeal secara merata. Kemudian rendam tubuh selama 15 hingga 20 menit.

"Oatmeal adalah humektan, yang berarti membantu melembapkan kulit dan mengandung senyawa yang meredakan peradangan," ujar Ranella Hirsch, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di Boston.

4. Buat krim topikal sendiri

“Untuk area yang terisolasi seperti jari atau bibir, larutkan aspirin dalam satu sendok makan air dingin dan buat pasta. Terapkan ke daerah yang terkena,” saran Dr. Fusco. Bilas setelah lima menit.

5. Yogurt

Selain lidah buaya, kamu juga bisa gunakan yogurt. Ini bisa memberikan kesejukan dan hidrasi langsung ke kulit yang terbakar ketika dioleskan. 

BACA SELANJUTNYA

Kulit Mengerut Hingga Terkelupas, Ini Gejala Baru Virus Corona Covid-19!