Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 16 April 2019 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Banyak sekali obat tradisional di sekitar kita yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain bumbu dapur, meletakkan kapas yang sudah direndam alkohol di pusar pun juga mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Metode pengobatan tradisional menggunakan kapas yang direndam alkohol ini mungkin terdengar sangat konyol dan mustahil. Nyatanya, manfaat rendaman kapas ini tak jauh beda dengan satu siung bawang putih sebagai obat tradisional.

Melansir dari boldsky.com, sudah banyak yang mempercayai metode tradisional ini mampu mengobati pilek, batuk, sakit perut hingga nyeri saat haid.

Caranya pun sangat mudah, kita hanya memperlukan selembar kapas dan satu sendok teh alkohol. Lalu rendam kapas tersebut menggunakan alkohol.

Setelah kapas sudah menyerap banyak alkohol, letakkan kapas tersebut di pusar dan tutupi dengan kain atau perekat apapun agar kapas tidak lepas dari pusar.

Manfaat meletakkan kapas beralkohol di pusar (Pixabay/southerngal)

Melansir dari zeptha.com, adapun 5 manfaat meletakkan kapas beralkohol di pusar sebagai obat tradisional.

1. Batuk dan pilek

Beberapa bumbu dapur dipercaya mampu mengobati masalah batuk dan pilek. Tapi, bagi orang yang tidak suka dengan bau rempah bisa juga menggunakan cara tradisional ini untuk mengatasi batuk dan pileknya.

Kita hanya perlu meletakkan kapas yang sudah direndam alkohol di pusar lalu tutup dengan perekat.

2. Nyeri haid

Hampir semua wanita selalu mengeluhkan sakit perut atau nyeri selama masa menstruasi. Beberapa mungkin akan mengonsumsi minuman pereda nyeri haid jika sudah tak tahan lagi menahan rasa sakitnya.

Tetapi, langkah tersebut pastinya akan memberikan efek samping jangka panjang. Karena itu, mulai sekarang kita bisa menggunakan kapas beralkohol di pusar ini untuk meredakan nyeri haid.

3. Meredakan dingin dan flu

Beberapa orang mungkin memiliki masalah jika berada di udara dingin lalu mengalami flu. Kondisi seperti itu pastinya akan sangat mengganggu aktivitas harian.

Agar aktivitas tak terganggu, seseorang bisa meletakkan kapas yang sudah direndam alkohol di pusar lalu ditutup dengan perekat untuk meredakan flu karena kedinginan.

4. Mabuk perjalanan

Meletakkan kapas yang sudah direndam alkohol di pusar juga dipercaya dapat menghilangkan mual dan mencegah muntah saat perjalanan.

Seseorang yang selalu memiliki masalah mabuk perjalanan bisa menggunakan cara tradisional ini daripada harus meminum obat-obatan.

5. Kram otot

Menaruh kapas yang sudah direndam alkohol di pusar lalu direkatkan juga mampu membantu meredak kram otot dan mengurangi rasa sakit pada tubuh. Sehingga aktivitas harian tidak akan terganggu karena masalah kram otot.

BACA SELANJUTNYA

Masalah Kesehatan yang Mengancam jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat Sederhana