Kamis, 28 Maret 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Kamis, 04 April 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa waktu lalu dunia maya kembali dihebohkan dengan seorang bayi baru lahir sudah bisa berjalan. Video bayi baru lahir langsung jalan itu diunggah oleh akun Youtube Roshan Panjwani.

Dalam video memperlihatkan seorang dokter masih mengenakan pakaian operasi memegangi bayi yang baru lahir dengan satu tangannya. Bayi baru lahir itu terlihat berjalan dari tempatnya dibaringkan menuju ujung kasur.

Sang dokter sempat berusaha membaringkan bayi tersebut untuk dibersihkan. Tetapi, bayi itu selalu berusaha menegakkan badannya dan ingin berjalan menuju ujung kasur.

Seketika perawat yang mendampingi persalinan dan merekam kejadian itu pun heboh seolah heran melihat bayi baru lahir sudah mampu berjalan.

Sesekali bayi itu hendak terjatuh karena kakinya yang masih lemas, tetapi ia seolah tak ingin berhenti untuk jalan dengan bantuan tangan dokter sebagai penyangganya.

"Baby start walking immediately after being born (Bayi mulai berjalan segera setelah dilahirkan, red)," tulis akun Youtube Roshan Panjwani.

Bayi baru lahir ini selalu menolak dibaringkan dan meminta berjalan ke ujung kasur (Youtube/Roshan Panjwani)

Melansir dari Romper.com, momen bayi baru lahir langsung berjalan itu terjadi di Rumah Sakit Santa Cruz Brasil. Dalam video, perawat yang heboh melihatnya juga memuji bayi baru lahir itu bangun dari kasur dan berjalan sangat lincah.

"Ya ampun, bayi itu berjalan sangat lincah," ujar seorang perawat dikutip dari The Independent.

Sungguh video yang menghebohkan, karena anak kecil biasanya baru mulai belajar berjalan di usia 6-10 bulan. Mereka akan terlihat lincah berjalan ketika menginjak usia 14-15 bulan.

Meski begitu, fenomena bayi baru lahir langsung berjalan seperti itu bukan hal tabu atau aneh di dalam dunia medis.

Menurut Pusat Medis Universitas Rochester, bayi terkadang mengambil langkahnya dan keinginan merefleksi atau menapakan kakinya di permukaan pada dua bulan pertama.

Fakta tersebut juga diakui oleh Dr Kenneth Wible dari Rumah Sakit dan Klinik Anak Mercy di Kansas City bahwa bayi memang sudah memiliki keinginan menapakan kakinya, meski belum mampu menahan badannya sendiri.

Karena itu, tak heran jika ada seorang bayi baru lahir sudah bisa atau ingin berjalan seperti yang terjadi pada gambar di atas. Walaupun sesekali mereka seperti hendak terjatuh karena kakinya yang masih lemah untuk menahan beban badannya.

BACA SELANJUTNYA

Alasan-alasan Umum Rambut Bayi Baru Lahir Rontok, Salah Satunya Masalah Hormon