Jum'at, 29 Maret 2024
Vika Widiastuti : Rabu, 27 Maret 2019 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Merencanakan kehamilan agaknya menjadi hal yang penting untuk setiap pasangan yang sudah menikah. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan reproduksi.

Lantas, selain itu apa saja alasan pentingnya merencanakan kehamilan? Yuk simak pemaparan Norina Veronica selaku Product Manager Andalan Kontrasepsi berikut ini diberitakan Suara.com.

Kesehatan reproduksi terpelihara

Merencanakan kehamilan baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Jarak antar kehamilan yang terlalu dekat (kurang dari dua tahun) bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, berat badan lahir rendah, serta kematian pada bayi. Perempuan berusia di atas 35 tahun yang sudah mengalami 5 kehamilan juga perlu memasang alat kontrasepsi karena memiliki risiko kesehatan lebih tinggi bila hamil kembali.

Ilustrasi wanita hamil (Pixabay/SerKuch)

Kasih sayang cukup

Dengan menjarangkan jarak kehamilan, Anda bisa mencurahkan lebih banyak waktu dan perhatian untuk mendampingi buah hati, bermesraan dengan pasangan, termasuk menikmati waktu berkualitas bagi diri sendiri. Porsi kasih sayang yang cukup bagi setiap anggota keluarga akan menciptakan hubungan yang akrab dan harmonis dalam rumah tangga.

Pendidikan bermutu tinggi

Setiap orang tua tentu ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Dengan perencanaan kehamilan yang matang, keinginan memberikan pendidikan berkualitas bagi anak akan lebih mudah terwujud.

Keuangan stabil

Memelihara kehamilan dengan baik hingga waktu bersalin tiba tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bila tidak direncanakan dengan baik, kondisi keuangan rumah tangga berisiko terganggu karenanya.

Jadi penting merencanakan kehamilan untuk perencanaan masa depan dengan pasangan.  (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

BACA SELANJUTNYA

Tes Kehamilan, Kapan Waktu yang Tepat Pakai Alat Cek Kehamilan?