Sabtu, 20 April 2024
Vika Widiastuti : Jum'at, 22 Maret 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sakit gigi memang kerap kali membuat tak nyaman. Selain itu, di samping rasa nyeri di area rongga mulut, sakit gigi disebut berisiko memicu penyakit lain yang lebih serius, antara lain stroke dan serangan jantung.

Disampaikan Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM selaku Ketua PB PDGI, sakit gigi memicu risiko di organ lainnya karena kuman di rongga mulut ini menyebar ke bagian tubuh lain, seperti otak hingga jantung lewat pembuluh darah.

"Bisa menyebabkan stroke, jantung itu karena kuman masuk ke darah dan masuk ke sistem darah perifer hingga memicu sumbatan-sumbatan. Kalau menyerang jaringan di otak, maka jadi stroke. Kalau jaringan di jantung, maka ada serangan jantung," ujar drg. Seno beberapa waktu lalu diberitakan Suara.com.

Itu sebabnya, drg. Seno mengatakan bahwa masalah kesehatan gigi dan mulut tidak boleh diabaikan. Ia mengatakan bahwa masyarakat harus menjaga kesehatan gigi untuk mencegah penyakit di rongga mulut maupun bagian tubuh lainnya.

"Penyumbang penyakit katastropik adalah kerusakan gigi dan mulut. Itu sebabnya mulai kita selalu rajin mengedukasi jangan sampai sakit gigi. Kalau sakit gigi, segera ke dokter gigi agar tidak semakin parah dan menyerang organ tubuh lainnya," tandas dia tentang bahaya sakit gigi yang ternyata bisa memicu serangan jantung dan stroke.

(Suara.com/Firsta Nodia)

BACA SELANJUTNYA

Berulang Kali Salah Diagnosis, Wanita Ini Idap Kanker Kelenjar Ludah