Jum'at, 26 April 2024
Vika Widiastuti : Rabu, 06 Maret 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kamu sering tidur panjang saat akhir pekan? Kebiasaan ini ternyata tidak bisa mengganti kekurangan jam tidur selama seminggu ke belakang, lo!

Hal tersebut disampaikan oleh kelompok peneliti dari University of Colorado Boulder.

Dilansir Suara.com dari BBC, para peneliti membuat dua kelompok berisi orang-orang sehat dan membandingkannya dengan orang yang hanya tidur lima jam dalam semalam.

Ada 36 orang yang tergabung dalam penelitian tersebut dengan rata-rata usia partisipan adalah 18 sampai 39 tahun.

Selama dua minggu, mereka tinggal dalam sebuah laboratorium di mana asupan makanan, paparan cahaya dan waktu tidur dimonitor oleh para peneliti.

Satu kelompok diminta mengurangi waktu tidur selama penelitian, sementara kelompok lain dipersilakan mengejar ketinggalan dan bermalas-malasan di akhir pekan.

Hasilnya, kedua kelompok lebih banyak makan saat malam, tambah gemuk, dan menunjukkan masalah metabolisme yang memburuk bila dibandingkan saat masa awal penelitian.

"Pada akhirnya, kami tidak melihat adanya keuntungan masalah metabolisme pada orang-orang yang tidur sepanjang akhir pekan," kata kepala penelitian, Chris Depner, peneliti dari University of Colorado Boulder.

Mereka yang masuk kelompok tidur di akhir pekan juga mengalami perbaikan yang sangat kecil karena mereka mengurangi ngemil di malam hari, tapi manfaat tersebut hilang seketika kala waktu kerja yang dibatasi tidur kembali dilanjutkan.

Bahkan pada beberapa masalah kesehatan, kelompok tidur di akhir pekan memiliki hasil yang lebih buruk.

Tidur panjang di akhir pekan tidak punya dampak positif. (Shutterstock)

Misalnya, sensitivitas insulin menurun 13% pada kelompok yang tidurnya dibatasi. Sedangkan kelompok tidur akhir pekan, sensitivitas insulin memburuk antara 9% sampai 27%.

Satu masalah lain, kelompok orang-orang yang diberi kesempatan untuk tidur di akhir pekan sulit untuk melakukannya dengan benar.

Pada akhirnya, kelompok tersebut hanya bisa tidur rata-rata 66 menit di akhir pekan.

Nah, karena itu jangan lupa cukupi kebutuhan tidur harian 7-8 jam untuk orang dewasa ya! (Suara.com/Risna Halidi)

BACA SELANJUTNYA

Selain Menambah Energi, Ini Efek Makan Nasi Putih yang Perlu Anda Tahu