Rabu, 24 April 2024
Vika Widiastuti : Kamis, 14 Februari 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono dikabarkan menderita kanker darah dan sedang dirawat di Singapura.

Hal ini diketahui pesan video yang diberikan SBY dari Singapura. Dalam video tersebut, SBY juga meminta masyarakat Indonesia untuk mendoakan kesembuhan Ani Yudhoyono.

Secara umum, laman WebMD menulis ada tiga jenis kanker darah yakni leukimia, limfoma, dan myeloma. Di antara tiga jenis kanker tersebut, leukimia merupakan kanker darah yang paling sering terjadi pada orang dewasa.

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tahapan-tahapan yang terjadi pada kanker darah. Seperti apa?

Tahap 0 merupakan tahap di mana sel-sel normal bermutasi menjadi sel abnormal. Pada pengidap kanker darah kronis, perubahan sel normal menjadi sel kanker bisa terjadi dalam waktu lama, bahkan hingga belasan tahun.

Namun, pada pasien kanker darah akut, perubahan terjadi secara cepat dan banyak, yang membuat kondisi pasien memburuk secara tiba-tiba.

Mengenal Tahapan Kanker Darah penyakit yang dialami Ani Yudhoyono. (Dok. Infografis Suara.com)

Stadium I menandakan sudah ada sel kanker yang menyerang darah, baik itu sel darah putih, limfosit, ataupun sumsum tulang belakang.

Hanya saja, sel kanker belum banyak, dan masih terjadi di satu area. Kanker stadium I biasanya tidak memiliki gejala serius, dan acap kali tidak dirasakan oleh pasien.

Kanker stadium I juga lazim disebut sebagai kanker stadium awal.

SELANJUTNYA: Kanker Stadium Lanjut

BACA SELANJUTNYA

Dipakai di Indonesia, Singapura Justru Ragu Pakai Vaksin Sinovac!