Sabtu, 20 April 2024
Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana : Rabu, 06 Februari 2019 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mandi air hangat memang sangat nyaman, apalagi setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan. Namun, jika Anda ingin tetap sehat dan mendapat manfaat dari mandi, maka Anda harus mencoba mandi air dingin.

Menurut Onlymyhealth.com, bahkan di musim dingin, mandi air dingin akan terasa sangat menyegarkan. Berikut 5 manfaatnya:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Air dingin yang menyentuh permukaan kulit membuat pembuluh darah di bawah kulit menyusut. Ini jelas memperlambat sirkulasi darah, tetapi mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan jaringan target.

Darah pun akan bersirkulasi dengan kekuatan yang lebih besar dan aliran darah kemudian akan menjadi lebih kuat. Air dingin bisa merangsang sistem peredaran darah, dan dengan demikian akan membuat Anda lebih sehat dan lebih muda daripada orang-orang yang suka mandi air panas.

2. Meringankan depresi

Dikutip dari Onlymyhealth.com, penelitian menunjukkan bahwa air dingin bisa menjadi jawaban untuk hari-hari yang menyedihkan.

Penelitian di Departemen Onkologi Radiasi di Fakultas Kedokteran Virginia Commonwealth University menunjukkan bahwa mandi air dingin sebentar dapat membantu merangsang titik biru otak Anda. 'Bintik biru' ini adalah sumber utama noradrenalin, yang merupakan bahan kimia yang membantu mengurangi depresi.

 

Ilustrasi depresi - (Pixabay/geralt)

3. Meningkatkan kesuburan pria

Mandi air dingin dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Sebaliknya, mandi air panas buruk bagi testis karena dapat menurunkan jumlah sperma dan membuat Anda kesulitan memiliki anak.

4. Meningkatkan testosteron

Studi dari Thrombosis Research Institute menunjukkan bahwa mandi air dingin sebenarnya dapat meningkatkan produksi testosteron pada pria. Tidak hanya meningkatkan libido, mandi air dingin juga meningkatkan kekuatan dan energi Anda secara keseluruhan.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

Air panas menyebabkan kulit dan rambut Anda kering. Oleh karena itu, untuk menghindari kulit kasar, gatal yang mengganggu, dan siku yang pucat, Anda harus mandi air dingin. Air dingin juga bisa memberikan perawatan alami pada rambut Anda dan membuatnya bersinar.

BACA SELANJUTNYA

Bukan 25 Tahun, Inilah Usia Paling Tepat Laki-laki Menjadi Ayah