Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Yuliana Sere : Sabtu, 02 Februari 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Lidah stroberi digambarkan ketika lidah bengkak dan bergelombang. Ini bukan suatu kondisi melainkan ini adalah gejala dari berbagai kondisi atau kelainan.

Lidah biasanya tampak merah tetapi bisa berwarna putih. Ini yang disebut lidah raspberry.

Melansir dari webmd, banyak kondisi yang bisa membuat lidah bengkak dan bergelombang. Lidah stroberi bisa menjadi dari gejala dari beberapa kondisi berikut.

1. Penyakit Kawasaki

Ini menyebabkan peradangan pada beberapa arteri di tubuh. Gejala-gejala lain termasuk demam tinggi, kulit terkelupas, ruam, dan mata merah serta gatal. Ini biasanya terjadi selama masa kanak-kanak.

2. Demam Scarlet

Ini menyebabkan ruam merah di sebagian besar tubuhmu. Gejala lain termasuk garis merah di lipatan kulit, wajah memerah, demam tinggi, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Ini paling sering terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun.

3. Alergi makanan atau obat-obatan

Dalam beberapa kasus, lidah stroberi mungkin menjadi tanda bahwa kamu alergi terhadap obat yang kamu minum atau sesuatu yang kamu makan.

Buah dan sayuran adalah penyebab paling umum. Dokter dapat memberi kamu antihistamin untuk membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

4. Sindrom TS

Ini jarang terjadi, tetapi ini kadang-kadang dapat menyebabkan lidah stroberi. Sindrom TS adalah efek samping yang mengancam jiwa dari infeksi bakteri tertentu.

Sebagian besar kasus terkait dengan penggunaan tampon, tetapi juga dapat dikaitkan dengan kain kasa (ketika kain kasa dimasukkan ke dalam bilik hidung untuk menghentikan pendarahan).

Gejala lain termasuk demam tinggi yang mendadak, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit dan nyeri, mual, muntah, dan diare.

Lidah Stroberi dan Glossitis

Kondisi lidah yang mirip lidah stroberi adalah glositis. Ini membuat lidahmu bengkak dan merah tetapi tidak bergelombang.

Seperti lidah stroberi, glositis dapat muncul sebagai efek samping dari berbagai kondisi. Keduanya bisa menjadi tanda B12 rendah, tetapi glositis kemungkinan merupakan gejala dari sesuatu yang tidak terkait dengan lidah stroberi.