Sabtu, 20 April 2024
Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana : Senin, 28 Januari 2019 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Masa-masa paling bahagia dalam hidup ternyata datang di umur tertentu, lo. Kalau kamu merasa sudah sangat bahagia, tunggu dulu, tahun terbahagiamu masih ada lagi di depan.

Menurut penelitian dari London School of Economics dan Political Science, kita paling bahagia pada dua titik dalam hidup, enggak cuma satu. Dalam penelitian itu, para peneliti meminta 23 ribu sukarelawan Jerman berusia 17 hingga 85 tahun untuk menilai kepuasan hidup mereka.

Peserta kemudian meramalkan seberapa bahagia perasaan mereka lima tahun lagi. Kemudian, setelah lima tahun berlalu, mereka melaporkan lagi bagaimana perasaan mereka sebenarnya.

Hasilnya? Negatif. Studi ini menemukan bahwa tingkat kebahagiaan dalam hidup kita cenderung mengikuti kurva berbentuk huruf U. Para peneliti mencatat dua tahun terpenting di mana kebahagiaan mencapai puncaknya, yakni di usia 23 dan 69.

Ilustrasi bahagia - (Pixabay/jill111)

Kalau dipikir-pikir, temuan tersebut, dikutip dari Reader's Digest, masuk akal. Di awal usia 20-an, kita sedang semangat-semangatnya menghadapi perubahan yang terjadi pada usia muda: karier baru, tempat baru untuk bepergian, dan orang baru.

Kemudian, pada saat kita mencapai usia 60-an dan 70-an, kemungkinan kita sudah pensiun dan punya banyak waktu, apalagi uang, untuk berlibur saat keinginan muncul tiba-tiba.

Sementara pada usia 40-an tahun, kamu akan sibuk mengisi waktu untuk "membesarkan keluarga, barusaha mendapat jabatan yang lebih tinggi, dan kesibukan lainnya," tulis Brit + Co.

Di sisi lain, tentu lebih banyak alasan untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri, berapapun usiamu! Para ahli merekomendasikan kita untuk memprioritaskan tindakan-tindakan kecil tapi bermanfaat, seperti berjalan-jalan atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Ingat ya, sekarang kamu punya satu alasan lagi untuk menantikan usia tua: dorongan kebahagiaan!

BACA SELANJUTNYA

Ingin Umur Panjang? Rutin Lakukan Olahraga Kekuatan Otot