Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Minggu, 27 Januari 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Agar tubuh manusia tetap hidup, ia membutuhkan energi. Sekitar 20 persen energi yang kita ambil digunakan untuk metabolisme otak.

Sebagian besar sisanya digunakan dalam metabolisme basal, yaitu energi yang dibutuhkan ketika dalam keadaan istirahat, untuk fungsi-fungsi seperti sirkulasi darah, pencernaan, dan pernapasan.

Kita juga membutuhkan energi mekanik untuk otot rangka, untuk mempertahankan postur, bergerak, dan respirasi. Seberapa efisien energi dari respirasi diubah menjadi kekuatan fisik atau mekanis tergantung pada jenis makanan yang dimakan, jenis energi fisik, dan apakah otot digunakan secara aerobik atau anaerob.

Melansir dari Medical News Today, berikut adalah beberapa tips untuk membakar energi dan menurunkan berat badan secara lebih efektif.

Sarapan

Sarapan protein dan lemak sehat dapat membuatmu kenyang lebih lama dan membantu mencegah ngemil di siang hari.

Camilan sehat

Buah-buahan dan sayur-sayuran bisa menjadi camilan yang enak dan mengenyangkan. Mereka tinggi nutrisi, serat, serta rendah kalori dan lemak.

Makan makanan yang proses pemecahannya lambat

Karbohidrat serat tinggi, seperti kacang-kacangan, dan lemak sehat, seperti alpukat, membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan energi, sehingga kamu tidak akan cepat lapar.

Alpukat. (pixabay/silverstylus)

Olahraga

Dapat membantu membakar kalori ekstra, dan membuat tubuh bugar.

Minum air putih

tu menyehatkan, tidak mengandung kalori, dan bisa membuatmu kenyang. Hindari alkohol dan soda karena bisa menambah kalori. Jika ingin minuman manis, pilih jus buah tanpa pemanis.

Makan lebih banyak serat

Serat, ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan gandum, yang dapat membantumu merasa kenyang dan membuat pencernaan sehat.

Gunakan piring yang lebih kecil

Penelitian menunjukkan bahwa ukuran porsi telah meningkat selama 3 dekade terakhir, dan ini dapat berkontribusi pada obesitas. Menggunakan piring yang lebih kecil mendorong porsi yang lebih kecil.

Tanpa diet ketat atau mengikuti program diet tertentu nyatanya kamu masih bisa tetap menurunkan berat badan kok. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

BACA SELANJUTNYA

Tanpa Olahraga, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Turunkan Berat Badan