Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana : Selasa, 22 Januari 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Durian merupakan buah yang memiliki aroma menyengat. Tak sedikit orang yang terganggu oleh baunya.

Namun, di Asia Tenggara, buah ini dianggap 'mewah' karena rasanya yang begitu nikmat. Tak hanya itu, menurut Lifehack, terdapat banyak manfaat untuk kesehatan yang tersimpan dalam durian. Berikut di antaranya:

1. Sumber energi
Satu porsi durian seberat 243 gram mencakup sekitar 20% dari kebutuhan harian Anda akan karbohidrat. Beberapa orang tidak memakan durian karena diet, tetapi pelari, atlet, dan orang yang membutuhkan energi ekstra dapat menemukannya dari karbohidrat dalam durian.

2. Kaya serat
Salah satu manfaat buah durian adalah kandungan seratnya yang tinggi. Setiap porsi mengandung sekitar sembilan gram serat, yang merupakan 37% dari kebutuhan harian Anda (berdasarkan diet 2.000 kalori).

4. Mengandung vitamin B
Vitamin B memiliki banyak manfaat kesehatan, yakni menjauhkan tubuh dari bahaya radikal bebas dan mencegah penuaan serta penyakit jantung. Kandungan vitamin B dalam durian juga meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan bahkan dapat membantu meningkatkan kadar serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda serta mengurangi depresi.

5. Sumber thiamin
Thiamin dapat membantu tubuh Anda memetabolisme karbohidrat menjadi energi dan membantu menjaga kesehatan otot dan saraf. Jika Anda membutuhkan lebih banyak thiamin dalam tubuh, durian bisa menjadi kuncinya. Satu porsi durian mengandung sekitar 30% dari asupan harian yang direkomendasikan.

BACA SELANJUTNYA

Trik Tahan Nafsu Makan, Coba Mencium Aroma Makanan Selama Dua Menit