Minggu, 31 Mei 2020
Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 15 Januari 2019 | 21:00 WIB

Himedik.com - Sebenarnya gula bukan satu-satunya hal yang menyebabkan diabetes. Namun, terlalu banyak konsumsi makanan manis dapat menyebabkan naiknya berat bedan dan hal itulah yang menjadi pemicu utama seseorang mengidap diabetes tipe 2.

Nah, supaya kamu terhindar dari penyakit tersebut, berikut telah dirangkum cara mengurangi gula dari laman Everyday Health.

1. Ganti dengan buah dan smoothie kering

Ganti semua dessert dan minuman manis dengan buah dan smoothie sebagai pilihan menu sarapan atau makan siang. Buah-buahan segar dikemas dengan gula alami dan tinggi serat.

Begitu pula dengan smoothie yang terbuat dari es dan buah. Buatlah tanpa menambahkan gula atau pemanis buatan supaya manfaatnya tak memudar.

Buah sumber vitamin dan mineral. (pixabay)

2. Makan buah utuh

Meski di poin sebelumnya smoothie disarankan sebagai makanan pengganti dessert atau makanan manis lainnya, alangkah lebih baiknya jika dihindari dan makan buah-buahan utuh. Jika memungkinkan makan beserta kulitnya (contohnya apel) utuh untuk mempertahankan semua serat yang ada.

Pasalnya dalam kulit apel seratnya saja sebanyak sekitar 4,4 gram. Sayang sekali bukan jika dibuang?

3. Kontrol asupan makan

Meski buah menyehatkan, bukan berarti kamu bisa memakannya sepanjang hari. Menurut penuturan Melissa Joy Dobbins, RDN, CDE, seorang juru bicara American Association of Diabetes Educators (AADE), kita harus tetap kontrol asupannya dan sadar tentang apa yang dimakan, perhatikan kapan merasa kenyang, serta apa yang tubuh rasakan setelah makan.

Nah, kalau kamu sedang mengurangi asupan gula sebaiknya terapkan langkah di atas ya. Meskipun tubuh masih sehat-sehat saja, tubuh akan lebih rentan terserang penyakit termasuk diabetes jika tak perhatikan pola makan.