Jum'at, 03 Mei 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 10 Januari 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Baik pria maupun wanita pasti menginginkan memiliki kulit bersih yang nampak sehat dan bercahaya. Tak hanya wajah, kulit tubuh juga demikian.

Jika wajah identik dengan gangguan jerawat, lain halnya dengan kulit tubuh. Biasanya kebanyakan orang mengalami gangguan kulit kering sehingga membuatnya bersisik dan terlihat tak cantik.

Dihimpun dari Hellosehat, berikut aktivitas harian yang tanpa kamu sadari bisa bikin kulit kering.

1. Terlalu sering eksfoliasi kulit

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit nampak lebih cerah dan sehat. Hanya saja jika dilakukan terlalu sering dapat membuat kulit kering, meradang, hingga mengelupas. Sebaiknya cukup lakukan satu hingga dua kali seminggu.

Ilustrasi eksfoliasi kulit. (pixabay/JIb_Enjoy)

2. Menggunakan produk yang mengandung pewangi

Amy Forman Taub, MD, selaku asisten dosen dermatologi di Northwestern University, menuturkan bahwa produk yang mengandung pewangi berpotensi untuk menimbulkan iritasi pada kulit kering. Sebagai gantinya, coba pilih produk perawatan kulit non-fragance atau dengan kandungan bahan alami yang terbukti lebih aman.

3. Terlalu lama mandi air panas

Mandi air panas memang bikin tubuh rileks. Sayangnya, menurut penjelasan Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York, suhu panas pada air dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit.

Jadi, kalau ketiga rutinitas di atas masih sering kamu lakukan sebaiknya segera kurangi atau hentikan untuk menghindari kulit kering.

BACA SELANJUTNYA

Garuk Bintik yang Dikira Kulit Kering, Wanita Ini Kehilangan Cuping Hidung