Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 09 Januari 2019 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pemain dalam Film Cold Feet, John Thomson (49) merasa sangat sakit setelah melompat ke kanal Manchester saat pembuatan film. John berpikir dia terkena penyakit karena melompat ke kanal.

Setelah diketahui ternyata itu adalah penyakit serius. John didiagnosis batu ginjal dan perlu operasi, yang mengancam akan mengganggu pembuatan film.

Namun, setelah enam hari dia kembali bekerja dan mengatakan pertunjukan harus berlanjut sembari tertawa. Sayangnya, John kelelahan ketika selesai.

Dikutip dari Hellosehat batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Prosesnya disebut nephrolithiasis.

Penyakit batu ginjal atau kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Ukuran batu lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Penyakit ini umum terjadi dan biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. Gejala batu ginjal di antaranya sakit pinggang, darah dalam urin, mual dan muntah.

Batu ginjal terbentuk jika air kencing terlalu banyak mengandung bahan kimia, seperti asam urat, kalsium, dan sistin. Selain itu kurang minum air putih dan siet tinggi protein juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit.

Jika dirasa kamu mengalami gejala yang disebut di atas, segera kunjungi dokter. Jangan menunggu penyakit semakin parah baru periksa.

BACA SELANJUTNYA

Ketahui Faktor Risiko Batu Ginjal, Kondisi yang Dialami Jeremy Teti