Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Rabu, 02 Januari 2019 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Fibromialgia dikaitkan dengan rasa sakit luar biasa serta kelelahan. Namun, hingga saat ini para ahli masih memperdebatkan apakah itu rasa sakit atau hanya efek dari stres berat.

Biasanya tes darah dan sinar-X tidak bisa membantu sehingga kamu perlu secara langsung bertemu dokter dan berkonsultasi.

Sebelum itu, kamu juga perlu mengetahui gejala yang mungkin kamu alami ketika menderita fibromialgia sebelum bertemu dokter.

Dilansir dari medicaldaily, berikut tiga gejalanya.

1. Nyeri, kelelahan, susah tidur

Pada umumnya seseorang akan mengalami 3 bulan rasa sakit yang terjadi di antara tulang belikat, di bagian bawah leher dan migrain.

Rasa nyeri juga sering datang di area punggung, pinggul dan leher yang kerap terjadi di pagi hari. Gangguan tidur seperti insomnia juga sering terjadi.

Ilustrasi nyeri di seluruh tubuh. (pixabay/typographyimages)

2. Depresi dan kecemasan

Menurut Charles Kim, MD, asisten profesor di departemen kedokteran rehabilitasi di NYU School of Medicine, rasa sakit juga berdampak pada depresi.

Rasa sakit mungkin membaik tetapi suasana hati mereka tidak sehingga penting untuk mengatasi gejala fisik dan mental.

Ilustrasi cemas. (pixabay/xusenru)

3. Masalah perut dan memori

Fibromialgia juga bisa berpengaruh pada konsentrasi dan memori. Seseorang bisa saja dapat dengan mudah melupakan hal-hal sederhana setiap hari.

Menurut WebMD, sekitar dua pertiga orang yang menderita fibromialgia juga mengalami mual, kembung, sakit perut, gas, sembelit, diare.

Segera dapatkan tindakan medis secepatnya jika kamu mengalami beberapa gejala di atas.

BACA SELANJUTNYA

Kenali 5 Efek Samping Insomnia, Termasuk Dorongan Seks Menurun Lho!