Kamis, 02 Mei 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Selasa, 01 Januari 2019 | 21:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Jamblang merupakan tanaman dari suku jambu-jambuan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama jambu kling, nunang, jambu koliong, jambu kalang, jambulang, jambulan, jombulan, jumblang, jambula, atau jamblang.

Jamblang memiliki ciri-ciri yang agak lonjong, keunguan, memiliki permukaan yang halus serta memiliki biji tunggal.

Soal rasa, buah ini mungkin agak berbeda dari kebanyakan buah lain. Agak sepat, manis bercampur asam dan paling sering dikonsumsi sebagai manisan.

Beberapa tempat mungkin memiliki jenis yang berwarna putih. Untuk kandungannya, jamblang kaya akan tanin, asam galat, dan glukosida phytomelin.

Untuk khasiatnya, jamblang mampu menurunkan kolesterol, mempercepat penyembuhan luka dan kandungan antioksidannya mampu meredakan batuk rejan, hingga nyeri.

Berikut resepnya:

Jamblang. (Pinterest)

Batuk rejan: Ambil 15 gram buah yang telah dikeringkan, kantong empedu ayam betina dan gula pasir secukupnya. Tambah air dan kukus hingga matang. Konsumsi sehari sekali.

Diare: Rebus kulit pohon jamblang yang telah dikeringkan menggunakan 1 gelas air selama 1/2 jam. Saring kemudian minum 3 kali sehari.

Batuk kronik: Gunakan 15 gram buah jamblang segar, buang bijinya dan makan. Konsumsi 3 kali sehari.

Diabetes: 15 biji jamblang ditumbuk hingga halus kemudian rebus menggunakan 2 gelas air dan minum 3 kali sehari.

Ngompol: 7 biji jamblang ditumbuk sampai halus, kemudian rebus menggunakan 1 ½ gelas air dan sedikit gula aren, sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini sekaligus pada sore hari sampai ngompolnya sembuh.

BACA SELANJUTNYA

Istri Tessy Srimulat Idap Kencing Manis Sebelum Meninggal, Kenali Gejalanya!