Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Minggu, 30 Desember 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kutu busuk adalah serangga kecil berbentuk pipih, memiliki enam kaki, dan menghisap darah hewan atau manusia seperti nyamuk. Warnanya beragam, dari hampir putih hingga cokelat, tetapi berubah menjadi merah berkarat setelah makan.

Panjang kutu busuk umumnya tidak lebih dari 0,2 inci (0,5 cm). Mereka dapat dilihat dengan mata telanjang dan suka bersembunyi di tempat tidur.

Hati-hati juga dengan koper, hewan peliharaan, perabotan rumah, pakaian, serta benda-benda lainnya karena bisa saja mereka bersembunyi di sana. Kutu busuk ditemukan di seluruh dunia, tetapi paling umum dijumpai di negara berkembang.

Makhluk nokturnal ini menghisap darah manusia pada malam hari dan puncak aktivitasnya tepat sebelum fajar. Mereka melakukannya (makan) hanya dalam waktu tiga menit, lalu kembali ke tempat persembunyian untuk mencerna makanan.

Kutu busuk dapat hidup hingga 10 bulan. Menariknya, meski tidak makan, mereka masih bisa hidup selama beberapa minggu.

Kasur dan hewan peliharaan bisa jadi tempat persembunyian kutu busuk. (pixabay/pexels)

Hebatnya, ketika mereka menggigit, kamu tidak akan merasakan gigitannya karena mereka menyuntikkan agen mati rasa ke dalam tubuh, bersamaan dengan antikoagulan untuk menjaga darah mengalir saat dihisap. Namun, mungkin kamu akan merasa gatal, atau kemerahan pada kulit.

Lalu apakah kutu busuk berbahaya?

Mungkin bisa dibilang tidak, karena kutu busuk cenderung dianggap sebagai serangga pengganggu. Namun, dalam sebuah penelitian baru-baru ini, para peneliti meninjau 53 studi terbaru tentang kutu busuk dan kesehatan serta dampaknya.

Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun kutu busuk disalahkan atas penyebaran hingga 40 penyakit manusia yang berbeda, itu merupakan sedikit bukti yang menunjukkan bahwa mereka adalah pembawa penyakit pada manusia.

BACA SELANJUTNYA

Tak Ada Biaya Obati Penyakit Langka, Wanita Ini Terpaksa Jual Foto Vulgar di OnlyFans!