Kamis, 28 Maret 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 25 Desember 2018 | 20:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Berhubungan seksual membuat pasangan suami istri semakin harmonis dan intim. Selain membawa kebahagiaan bagi pasangan, seks nyatanya juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat berhubungan seksual bagi pasangan suami istri.

1. Bagus untuk jantung wanita

Wanita yang melakukan hubungan seksual beberapa kali dalam seminggu, memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit jantung daripada mereka yang hanya melakukan sebulan sekali.

2. Meredakan stres

Intensitas seks berpengaruh terhadap stres yang dialami seseorang. Orang yang sering melakukan hubungan seksual tidak terlalu cemas ketika mereka dihadapkan pada tugas-tugas yang penuh tekanan seperti berbicara di depan umum.

Namun menurut penelitian, hal itu hanya berlaku pada orang yang memiliki pasangan.

3. Membuatmu bahagia

Seks membuat kamu dan pasangan bahagia, tapi ini hanya berlaku bagi pasangan yang berkomitmen (terikat pernikahan). Tidak perlu berlebihan, cukup lakukan sebanyak sekali dalam seminggu supaya efeknya tidak memudar.

Ilustrasi pasangan bahagia. (unsplash)

4. Hidup lebih lama

Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang sudah menikah dan sering mencapai klimaks cenderung bisa hidup lebih lama. Peneliti tidak yakin apa kaitan di antara keduanya. Namun, bukankah itu membawa kebahagiaan?

5. Mempertajam pikiran

Seks telah dikaitkan dengan pembuatan sel-sel otak baru. Orang-orang di atas 50 tahun yang sering melakukan hubungan seks lebih mampu mengingat angka dan melakukan matematika dasar, dan perbedaannya cukup besar.

6. Membantu tertidur

Orgasme memicu lonjakan endorfin dan oksitosin pada pria dan wanita. Hal itu menghilangkan rasa sakit dan membuatmu rileks sehingga dapat membantumu tidur lebih mudah.

Itulah 6 manfaat berhubungan seksual bagi kesehatan. Ingat, hanya lakukan dengan pasanganmu supaya efeknya tidak memudar.

BACA SELANJUTNYA

Viral Wanita Terancam Diceraikan Gegara Menderita Vaginismus, Memang Kenapa?