Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 25 Desember 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ketika membeli makanan hal pertama yang akan kamu lihat pasti tanggal kedaluwarsa atau expired date-nya. Namun, terkadang yang tercantum bukanlah itu, melainkan best before.

Menurut sebagian besar orang hal itu sama saja karena sama-sama menandakan batas tanggal konsumsi, yang intinya keduanya adalah tanggal kedaluwarsa. Eits, jangan salah keduanya memiliki arti berbeda lho.

Seorang pakar kesehatan dan diet bernama dr. Grace Judio-Kahl, MSc, HM, CHt, mengatakan bahwa pencantuman tanggal kedaluwarsa ini dilakukan oleh produsen sebagai bentuk antisipasi dan tanda bahwa kualitas makanan atau minuman akan menurun.

Dengan menetapkan tanggal tersebut, maka diharapkan konsumen tidak mengonsumsi makanan yang sudah menurun kualitasnya yang mana bisa memicu keracunan.

Saat menetapkan tanda kedaluwarsa ini, sebenarnya pihak produsen sudah melakukan berbagai tes sebelum memasarkannya. Dalam tes ini, mereka bisa mengetahui kapan makanan atau minuman mulai mengalami perubahan mulai dari aroma, tampilan, hingga tumbuhnya bakteri.

Lalu apa yang membedakan expired date dan best before?

Jika diartikan expired date adalah tanggal kedaluwarsa yang selama ini diartikan sebagai batas waktu maksimal produk aman dikonsumsi. Pada tanggal tersebut makanan biasanya mulai mengalami perubahan warna, aroma, bentuk, dan tekstur.

Jangan coba-coba mengonsumsi makanan di tanggal expired-nya karena kurang baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan keracunan.

Menurut Canadian Food Inspection Agency, jenis makanan yang wajib memiliki expired date adalah suplemen makanan, susu formula untuk bayi dan produk pengganti ASI lainnya, produk pengganti makanan, produk diet cair, dan produk diet rendah energi.

Sedangkan best before merupakan tanda bahwa kualitas makanan dan minuman masih bagus sebelum tanggal tersebut dan akan menurun setelah tanggal yang tertera. Jadi, makanan sebenarnya mungkin masih dalam kondisi yang baik dan bisa dikonsumsi selama beberapa waktu.

Namun, sebelum memakannya cek terlebih dahulu apakah ada perubahan warna atau aroma pada makanan. Serta segera habiskan makanan yang telah lewat masa tanggal best before supaya terhindar dari makanan kedaluwarsa.

Nah, itulah perbedaan expired date dan best before. Mulai sekarang cermati setiap tanggal yang ada di kemasan makanan yang kamu makan ya!

BACA SELANJUTNYA

Masih Nyaman, Bolehkah Lensa Kontak Terus Dipakai Meski Kedaluwarsa?