Selasa, 30 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 18 Desember 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tidak semua ubi jalar berwarna oranye. Kulit dan bagian dalamnya bisa berwarna putih, kuning, cokelat, merah, merah muda, dan ungu.

Warna yang berbeda tentunya membawa nutrisi yang berbeda pula. Ubi jalar berwarna ungu diduga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat tinggi yang berperan dalam menangkal radikal bebas.

Lalu, selain antioksidan apa saja kandungan ubi jalar?

1. Vitamin A

Selama ini wortel dianggap sumber vitamin A terbaik. Padahal satu ubi jalar panggang saja sudah bisa memberi tubuh sebanyak hingga 400 persen vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga mata dan kulit sehat serta membantu mencegah penyakit.

2. Beta-karoten

Ubi jalar berwarna oranye tua mengandung beta-karoten, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk melawan penyakit mata hingga kanker tertentu.

3. Senyawa penghambat kanker

Ubi jalar. (pixabay/auntmasako)

Para ilmuwan menemukan kentang berwarna-warni ini memiliki protein unik yang disebut protease inhibitor. Ketika diuji terhadap sel kanker, terlihat protein tersebut menghentikan beberapa pertumbuhan.

4. Vitamin dan mineral

Ubi jalar kaya akan vitamin C yang memulihkan sistem kekebalan tubuh. Kadar potasium yang tinggi membantu mengontrol tekanan darah, sedangkan kalsium menguatkan tulang.

Itulah sederet kandungan dan manfaat ubi jalar. Namun, perlu diketahui bahwa cara memasak ubi jalar dapat membuat perbedaan besar dalam nutrisi yang akan didapatkan.

Cara terbaik memasak ubi jalar supaya nutrisinya tak hilang adalah dengan memanggangnya menggunakan oven.