Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 29 November 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sebenarnya tidak ada tempat yang benar-benar bersih. Bahkan tubuh manusia sekalipun juga dipenuhi oleh bakteri. Maka dari itu, kita diharuskan cuci tangan dengan benar sebelum makan dan membersihkan diri usai beraktivitas.

Namun, tetap saja kita tidak bisa terlepas dengan kuman-kuman tersebut. Buktinya, benda penuh kuman berikut malah kita sentuh setiap harinya.

1. Uang

Dalam sehari rasanya tidak mungkin jika tak menyentuh uang bukan? Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar uang mengandung sebanyak 3.000 jenis bakteri yang semuanya berasal dari jenis bakteri penyebab jerawat.

2. Ponsel

Di mana pun dan kapan pun bahkan ke kamar mandi sekalipun, orang-orang selalu membawa ponselnya. Akibatnya, ponsel bisa sampai 10 kali lebih kotor daripada dudukan toilet.

Jadi bukan tidak mungkin ponsel mengandung E. coli karena bakteri dapat hidup berjam-jam di permukaan yang hangat seperti ponsel. Infeksi E. coli dapat menyebabkan sakit perut dan diare, maka dari itu cuci tangan dengan sabun sebelum makan.

Ponsel/unsplash

3. Keyboard

Tangan penuh kuman yang selalu menyentuh keyboard, ditambah ketika ada orang lain yang meminjam komputer, atau hewan peliharaan yang tiba-tiba tidur di atasnya. Sudah tak terelakkan lagi kalau kuman banyak bersarang di sana.

4. Remot TV

Semua orang menyentuhnya, bahkan ketika tak tersentuh sekalipun benda itu ada di lantai atau terjepit di antara bantal sofa tempat bakteri bersarang.

5. Spons cuci piring

Tak disangka, alat pembersih justru menjadi benda paling kotor. Mengapa? Spons selalu basah, sifatnya mudah menyerap air, dan digunakan untuk membersihkan piring kotor setiap waktu dibutuhkan. Jadi, gantilah secara berkala.

Itulah benda penuh kuman yang sering kamu sentuh. Mulai sekarang lebih ketat lagi ya dalam menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan di sekitarmu.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Pakai Mainan Seks yang Sama 2 Kali dalam 24 Jam, Ini Dampak Buruknya!