Kamis, 18 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 14 November 2018 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Dalam sebuah unggahan video di Instagram, terlihat kekonyolan seorang anak berseragam pramuka. Aksinya mengundang tawa semua yang melihat termasuk tenaga medis dan aparat TNI.

Saking takutnya disuntik, ia berteriak histeris, tapi juga tak menolak untuk disuntik. Bahkan teman yang mendampinginya tak kuasa menahan tawa dengan tingkahnya.

Akhirnya seorang TNI turun tangan, memeluknya, seketika rasa takutnya sedikit mereda, dan anak yang tak diketahui identitasnya ini berhasil disuntik. Dalam unggahan tersebut tak ada keterangan suntikan apa yang diberikan.

Klik di sini untuk video lengkapnya.

Remaja takut disuntik. (IG/@si_sableng)

Melihat dari kejadian tersebut, fenomena takut disuntik dalam dunia medis dikenal dengan istilah trypanophobia. Penyebab fobia ini umumnya karena masalah psikologis seperti adanya pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan (trauma) atau karena mendengar cerita menakutkan tentang jarum suntik.

Namun, secara umum penyebab fobia adalah faktor genetik, lingkungan, perubahan fungsi otak, dan trauma.

Meski tidak berbahaya, fobia jarum suntik akan menyebabkan masalah pada penderita. Mereka akan mengalami kesulitan jika mendapatkan perawatan yang mengharuskan penggunaan jarum.

Maka dari itu, sebaiknya fobia segera ditangani. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk mengatasi trypanophobia di antaranya yaitu mengalihkan perhatian dan terapi hipnosis.

Wah, susah juga ya punya fobia. Kalau kamu punya fobia apa nih?

BACA SELANJUTNYA

Studi: Banyak Tenaga Medis Abaikan Aturan Kebersihan Tangan