Senin, 25 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 26 Oktober 2018 | 16:00 WIB

Himedik.com - Kesehatan mental merupakan hal yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Pasalnya hal ini melekat dalam diri setiap orang dan bisa memengaruhi kesehatan fisiknya.

Bahkan beberapa pekan terakhir, ada kalangan artis yang mengalami gangguan kesehatan mental di antaranya Laura Theux dan Selena Gomez. Nah, supaya masalah ini tetap menjadi perhatian, ada baiknya kamu simak deretan film yang mengisahkan tentang kesehatan mental.

1. Silver Linings Playbook (2012)

Keseluruhan isi film mencoba untuk mendefinisikan apa artinya memiliki penyakit mental. Yang membuat film ini menarik adalah karakter utama, Tiffany (Jennifer Lawrence) dan Pat (Bradley Cooper) yang berpendidikan dan terlihat 'normal', yang sebenarnya menderita penyakit mental dan gangguan bipolar.

Meskipun film ini mendapat kritikan karena terlalu mendramatisir cerita, tetapi psikiater dari Harvard Medical School bernama Steven Schlozman, MD, mengatakan menikmati filmnya.

2. Black Swan (2010)

Nina Sayers (Natalie Portman) mengalami banyak masalah karena tekanan besar yang ia hadapi sebagai balerina profesional. Meskipun ia mencoba untuk tetap baik-baik saja, hal itu malah membuatnya menyakiti diri sendiri.

Dia secara kompulsif menggores punggungnya menyerupai angsa yang ia gambarkan, menolak untuk makan supaya tetap kurus, dan menusuk perutnya dengan tujuan untuk membunuh 'Angsa Putih'. Tentunya film ini membuat kita sadar bahwa usaha seseorang dalam mencapai kesempurnaan dapat menyakiti pikirannya sendiri.

3. Charlie Bartlett (2008)

Film ini mengisahkan tentang Charlie Bartlett (Anton Yelchin) yang memiliki kekayaan melimpah, tetapi tumbuh tanpa seorang ayah membuatnya bertindak di luar batas dan menjadi terasingkan.

Di sisi lain, ia juga berjuang melawan penyakit ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), yaitu gangguan yang menyebabkan penderita sulit berkonsentrasi dan bertingkah hiperaktif.

Itulah tiga deretan film bertema kesehatan mental. Semoga dengan adanya film tersebut kamu bisa lebih menyadari bahwa kesehatan jiwa juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik.