Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama : Rabu, 24 Oktober 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Jika selama ini menganggap vegetarian adalah gaya hidup yang paling sehat, namun nyatanya tidak. Sebab, menurut motivator kesehatan, dokter Handrawan Nadesul, vegetarian lebih rentan terlihat cepat tua.

Hendrawa menjelaskan, hal ini bisa terjadi karena vegetarian kekurangan zat yang hanya bisa didapatkan dari bahan makanan hewani. ''Ini karena vitamin dan mineral yang ada dalam daging dan telur, mereka tidak makan,'' ungkapnya dalam acara Health Talkshow Hospital Expo 2018 di Jakarta Convention Center, Senin (22/10/2018).

Dalam paparannya, vegetarian memang menyehatkan. Namun, nutrisi yang mereka dapatkan kurang karena tidak mengonsumsi daging dan makanan sejenisnya.

''Orang vegetarian ingin memengaruhi orang yang tiap hari makan daging. Tapi yang benar, orang yang makanannya normal makan akan memperoleh gizi seimbang, itulah yang paling sehat,'' tegas Hendrawan.

Vegetarian umumnya akan kekurangan zat gizi sehingga memiliki penampilan yang lebih cepat tua daripada orang kebanyakan. Untuk menyiasatinya, seseorang yang tetap ingin vegetarian disarankan mengonsumsi suplemen tambahan, salah satunya tablet penambah darah. 

''Pastinya zet besi kurang, karena daging mengandung zat besi. Asam folat juga kurang, B12 kurang, dan banyak unsur yang kurang didapat dari daging,'' kata Hendrawan. 

Ia menambahkan bahwa makanan pengganti daging bagi vegetarian tidak bisa menggantikan zat besi dari daging. Karena kandungan zat besi di dalam suplemen tidak setinggi di daging. 

Jika ingin benar-benar menggantikan daging, makanan nabati pengganti daging harus dikonsumsi dengan jumlah yang sangat banyak. ''Makanan nabati yang diserap hanya sampai 1 persen. Sementara, kalau yang dari hewani sampai 25 persen," pungkas Hendrawan, yang juga penulis buku berjudul Sehat itu Murah.

Terlepas apakah benar atau tidaknya asumsi vegetarian lebih cepat tua, yang terpenting adalah selalu menjaga pola hidup sehat. Mulai dari makanan yang sehat hingga rajin berolahraga. 

BACA SELANJUTNYA

Merokok dan Minum Alkohol, 2 Kebiasaan Buruk yang Bikin Wajah Cepat Tua