Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama : Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Memasuki musim penghujan seperti saat ini, terkadang tubuh akan mengalami masalah kesehatan seperti pilek. Nah, akibat flu ini hidung akan banyak mengeluarkan ingus

Namun, ternyata ingus juga memiliki fungsi untuk melapisi saluran pernapasan dan melindungi dari berbagai risiko kesehatan. Misalnya, iritasi, infeksi, hingga menyaring udara kotor yang masuk ke dalam pernapasan. 

Meski demikian, ingus juga memiliki warna yang berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi saat itu. Jika ditelisik lebih dalam, warna ingus juga menandakan kondisi tertentu bagi kesehatan. Penasaran? Dirangkum Himedik, berikut ulasannya.

1. Putih

Kalau hidung mampet dan ingus yang keluar berwarna putih, sering kali itu tanda umum dari pilek. Ketika sedang pilek maka akan meradang dan membuat ingus kehilangan lebih banyak kandungan airnya.

Ingus yang mengandung sedikit air akan jadi lebih kental dan berwarna keputihan.

2. Bening

Ingus yang berwarna bening dan tidak terlalu kental adalah ciri dari ingus sehat. Sebagian besar orang akan menelan ingus yang terdiri atas air, protein, antibodi, dan garam ini. Begitu sampai di perut ingus akan lumer.

Dalam beberapa kasus, kadang ingus bening yang berlebihan diproduksi saat seseorang mengalami alergi.

3. Kuning

Ingus yang berwarna kuning juga bisa jadi tanda dari kasus infeksi. Kabar baiknya, warna kuning bisa terbentuk akibat sistem pertahanan tubuh sedang melawan balik infeksi tersebut. 

Ingus yang berwarna kuning biasanya berisi sel darah putih. Ketika melawan bakteri atau virus, sel darah putih akan memakannya lalu dibuang oleh tubuh lewat ingus dengan warna kekuningan.

4. Hijau

Ilustrasi pilek. (shutterstock)

Ingus yang berwarna hijau pada prinsipnya sama seperti ingus berwarna kuning, hanya saja lebih banyak mengandung sel darah putih dan zat sisa lain. Ingus hijau bisa muncul ketika sistem imun tubuh bekerja ekstra keras untuk melawan infeksi.

Bila gejala infeksi ini berlangsung lebih lama dari 12 hari atau terasa makin parah disarankan agar segera menemui dokter karena mungkin kamu membutuhkan bantuan obat-obatan.

5. Pink atau merah

Ingus yang berwarna pink atau merah berarti tercampur oleh darah di dalamnya. Kemungkinan ada pembuluh darah di hidung yang pecah.

Dalam banyak kasus, wanita hamillah yang rentan mengalami kondisi ini karena peningkatan volume darah, hormon, dan pembengkakan pembuluh darah.

6. Cokelat

Ingus yang berwarna coklat bisa jadi tanda tercampur oleh darah yang sudah lama keluar. Bisa juga sebagai tanda bahwa udara yang sedang dihirup saat itu kotor, karena ingus tercampur oleh polutan. 

7. Hitam

Ingus yang berwarna hitam bisa jadi tanda-tanda infeksi fungi yang serius. Meski jarang terjadi, seseorang dengan kondisi imun tubuh yang lemah rentan mengalami hal ini. Ingus hitam juga bisa jadi tanda penggunaan narkoba atau rokok.

BACA SELANJUTNYA

7 Efek Begadang bagi Kesehatan, dari Obesitas hingga Menurunkan Konsentrasi