Senin, 29 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Senin, 22 Oktober 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa wanita memang ada yang lebih bergairah melakukan hubungan seksual ketika sedang menstruasi. Padahal dari segi medis, hal ini dapat menimbulkan bahaya bagi dirinya dan pasangan.

Hal ini karena ketika menstruasi, leher rahim dalam keadaan terbuka sehingga akan memudahkan bakteri masuk menuju rongga panggul. Tentunya keadaan iitu akan meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual.

Tak hanya itu, selama masa menstruasi kadar pH miss V akan meningkat. Padahal pH normal miss V berada dalam kondisi asam yaitu 3,8 hingga 4,5.

Hal tersebut lantas membuat jamur menjadi tumbuh lebih cepat. Meski ini wajar, karena umumnya gejala infeksi jamur vagina terjadi seminggu sebelum masa haid. Tapi, berhubungan seksual pada waktu tersebut dapat memperburuk gejalanya.

Ilustrasi bercinta. (iStock)

Nah, bagi kamu yang suka bercinta ketika sedang menstruasi, sebaiknya mulai sekarang pikirkan ulang. Selain membahayakan diri sendiri, hal tersebut juga bisa membahayakan kesehatan pasangan.

Sebagai ganti penyaluran hasrat, kamu dan pasangan bisa melakukan hubungan 'intim' tanpa melakukan penetrasi. Misalnya melakukan foreplay atau mandi bersama pasangan.

Sentuhan-sentuhan yang kamu berikan pada pasangan, tentunya bisa membantu memuaskan hasrat bercinta yang harus tertunda selama menstruasi berlangsung. Atau kamu bisa konsultasikan masalah ini dengan dokter supaya mendapat saran atau tips bercinta yang aman ketika menstruasi.

BACA SELANJUTNYA

Wanita Waspada, Olahraga Berlebihan dan Diet Ketat Bisa Bikin Haid Hilang!