Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 19 Oktober 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Perut kamu tiba-tiba membesar? Hati-hati terkena asites, yaitu suatu kondisi adanya cairan di rongga perut. Pada umumnya kondisi ini disebabkan oleh penyakit serius seperti gagal jantung, gagal ginjal, penyakit liver, hingga kanker.

Selain itu, asites juga disebabkan oleh protein albumin yang rendah yang dikaitkan dengan malnutrisi serta rendahnya hormon tiroid di dalam darah. Sayangnya, gejala asites ini tidak akan dirasakan jika masih dalam tahap ringan.

Namun seiring berjalannya waktu, cairan dalam rongga perut juga akan semakin bertambah sehingga penderita dapat merasakan gejala seperti nyeri perut, sulit bernapas terutama ketika berbaring, mual dan muntah, heartbun (dada terasa panas), perut membesar, serta berat badan naik tapi nafsu makan menurun. Selain itu, penderita asites juga akan mengalami pembengkakan di pergelangan kaki dan tungkai.

Ilustrasi dada terasa panas. (pixabay)

Untuk mengurangi jumlah cairan tersebut, penderita biasanya akan diberikan resep obat diuretik oleh dokter yang dibarengi dengan pengurangan konsumsi cairan dan garam. Namun jika asites disebabkan karena kadar protein albumin rendah, maka penderita akan disarankan untuk menambah asupan protein.

Maka dari itu, jika mengalami gejala di atas segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Pasalnya pengobatan asites didasarkan pada penyebabnya. Selain itu, asites yang tidak segera ditangai dapat menyebabkan komplikasi penyakit.

Sebagai tindak pencegahan sebaiknya kamu menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risikonya. Contohnya seperti penyakit liver, maka kamu harus menghindari hal-hal yang menjadi pemicu penyakit tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Ameer Azzikra Meninggal Karena Penyakit Liver, Kenali 8 Gejalanya!