Selasa, 23 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 19 Oktober 2018 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Baik di warung makan pinggir jalan maupun tempat makan mewah kerap menyajikan makanan yang dilengkapi dengan lalapan sayur mentah. Biasanya ini dihidangkan jika menu yang dipilih adalah ayam bakar, lele goreng, dan makanan sejenisnya.

Jangan dibuang ya, karena mungkin lalapan yang disajikan itu ada dalam daftar sayuran yang lebih baik dikonsumsi mentah berikut ini.

1. Kubis

Kubis kerap disajikan mentah sebagai lalapan pendamping ayam bakar. Jangan dibuang atau malah minta digoreng lho. Pasalnya menurut sebuah penelitian, mengonsumsi empat porsi kubis mentah selama satu minggu dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi dua porsi.

2. Paprika

Paprika biasanya sering digunakan sebagai topping pizza yang artinya ikut dimasak bersama pizza. Padahal paprika mengandung vitamin C yang sangat rentan terhadap paparan suhu, udara, dan air. Nah, supaya nutrisinya tidak hilang atau berkurang, sebaiknya konsumsi paprika secara mentah ya.

Paprika. (pixabay)

3. Brokoli

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural Food Chemistry, kandungan sulforaphane dalam brokoli akan lebih mudah diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Sulforaphane merupakan senyawa yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Nah, tak hanya mengandung sulforaphane, brokoli juga mengandung kalsium, potasium, dan vitamin C. Sama seperti yang telah dijelaskan di atas, vitamin C sangat rentan terhadap paparan suhu, udara, dan air.

Setelah melihat fakta di atas, kalau dipikir-pikir ketiga sayuran tersebut memang lebih enak jika dikonsumsi mentah sih, setuju?

BACA SELANJUTNYA

6 Sayuran Berdaun Hijau yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini Daftarnya