Minggu, 28 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 09 Oktober 2018 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Demam menyebabkan suhu tubuh melebihi batas normal yaitu di atas 37 derajat celcius. Anehnya keadaan ini malah menyebabkan penderita merasa kedinginan bukan malah kepanasan. Mengapa demikian?

Perlu kamu tahu, ketika kita demam, sistem imun tubuh akan mengeluarkan reaksi yang disebut dengan pyrexia. Reaksi tersebut merupakan respons pada peradangan yang terjadi dalam tubuh, baik karena penyakit mematikan maupun hanya sebatas flu.

Artinya ketika demam, suhu tubuh yang meningkat bukanlah penyebab utama penyakit melainkan karena adanya infeksi atau peradangan dan ketika pyrexia muncul tubuh akan mengeluarkan zat pirogen, yaitu suatu zat yang dapat membuat suhu tubuh naik serta membuat pembuluh darah menyempit.

Selanjutnya, pirogen akan memasuki otak bagian kanan dan merangsang otak untuk menaikkan suhu tubuh sekaligus membuat tubuh merasa kedinginan bahkan menggigil.

ilustrasi menggigil. (shutterstock)

Nah, ketika peradangan atau infeksi mulai dapat ditangani oleh sistem imun, maka kadar pirogen juga akan turut menurun. Sehingga suhu tubuh turun, pembuluh darah melebar, dan keringat keluar.

Jadi sudah tahu kan, mengapa tubuh menggigil bahkan ketika sedang demam? Mengingat demam hanyalah respons tubuh karena adanya peradangan atau infeksi, maka disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Dengan begitu, demam bisa ditangani dengan tepat dan tubuh juga bisa segera sehat serta bugar seperti sedia kala.

BACA SELANJUTNYA

Curhatan Pasien Cacar Monyet tentang Gejala yang Dialami: Sangat Menyakitkan