Jum'at, 29 Maret 2024
Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 05 Oktober 2018 | 23:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Makanan sehat yang kaya akan nutrisi memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayur yang tinggi serat, buah yang kaya vitamin, serta daging yang kaya protein merupakan paduan yang pas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Tapi, tak hanya bikin tubuh sehat, makanan sehat juga bikin jiwamu bahagia lho. Tidak percaya?

Tak hanya fisik, kesehatan jiwa (mental) juga perlu diperhatikan. Nah, jika kamu mudah stres, depresi, atau tertekan dengan suatu hal, mungkin ada hubungannya dengan makanan yang kamu makan selama ini.

Pasalnya makanan memiliki dampak terhadap kesehatan mental seseorang. Dilansir dari laman Mental Health, sebanyak dua dari tiga orang yang makan buah dan sayur segar setiap harinya, dilaporkan jarang mengalami gangguan mental.

Sebaliknya, kelompok yang kurang makan buah dan sayur menunjukkan adanya masalah gangguan mental. Para ahli menyimpulkan hal tersebut berhubungan dengan mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan sistem saraf.

Makanan sehat, (pixabay)

Menurut Roxanne Sukol, MD., makanan dikonsumsi akan membangun enzim, membangun protein otak, dan membangun jaringan otak.

Selain itu, nutrisi dalam makanan juga akan membangun zat kimia otak (neurotransmiter) yang berfungsi mengantarkan sinyal serta informasi pada tubuh.

Maka dari itu, makanan yang sehat penting untuk diperhatikan karena hal tersebut dapat memengaruhi kondisi kesehatan otak dan hal itu jadi dasar penentu kesehatan mental seseorang. Jika otak tidak bekerja secara optimal, kondisi kesehatan baik fisik maupun mental juga tidak akan optimal.

Jadi, perhatikan makanan yang kamu makan supaya hidupmu senantiasa bahagia.

BACA SELANJUTNYA

Diagnosis Depresi Sejak Dini Itu Penting!