Kamis, 25 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 03 Oktober 2018 | 22:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi ini terdapat dalam berbagai bahan makanan dan juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Meski penting, asupannya juga perlu diperhatikan karena tubuh bisa mengalami overdosis vitamin. Kondisi tersebut juga dikenal dengan istilah hipervitaminosis.

Ketika seseorang mengalami situasi ini, kadar vitamin dalam tubuhnya berada di atas batas normal sehingga dapat menyebabkan keracunan.

Umumnya overdosis vitamin bisa terjadi karena tubuh mendapat asupan vitamin dari berbagai sumber sekaligus. Jadi, jika tubuh sudah mengonsumsi cukup makanan tinggi vitamin, ada baiknya menghindari penambahan konsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

Berikut gejala tubuh mengalami hipervitaminosis.

1. Kelebihan vitamin A dalam kondisi akut menyebabkan penderita mengalami mual, sakit kepala, perut sakit, iritasi, hingga gangguan penglihatan.

Jika keadaan sudah kronis, penderita akan mengalami anoreksia, nyeri tulang, mulut kering, demam, trombosit rendah, hingga anemia.

2. Kelebihan vitamin B menyebabkan usus terluka, hati berlemak, dan kadar gula darah meningkat. Umumnya kelebihan vitamin B berasal dari suplemen.

3. Gejala tubuh kelebihan vitamin C ditandai dengan mual, diare, pusing, insomnia, hingga batu ginjal.

4. Efek akut tubuh overdosis vitamin D berupa nafsu makan hilang, pusing, hipertensi, dehidrasi, dan aritmia. Sedangkan dalam tahap kronis bisa sebabkan pengeroposan tulang, pengerasan arteri, hingga kerusakan ginjal.

5. Gejala hipervitaminosis vitamin E adalah sakit kepala, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

6. Sedangkan jika tubuh mengalami kelebihan vitamin K akan menunjukkan reaksi alergi hingga gangguan hati (meski jarang ditemui).

Demikian gejala dan akibatnya jika tubuh mengalami overdosis vitamin. Jika kamu merasakan tanda serupa, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapat penanganan.

BACA SELANJUTNYA

Lindungi Diri dari Virus Corona Covid-19, Minumlah Rutin Vitamin D!