Minggu, 31 Mei 2020
Dany Garjito | Krishnayanti C : Senin, 01 Oktober 2018 | 12:30 WIB

Himedik.com - Seiring bertambahnya usia, kemampuan sistem tubuh seseorang akan berubah dan cenderung menurung. Kolesterol, darah tinggi, diabetes, dan lain-lain akan muncul di usia tua jika pola makan tidak teratur.

Memasuki usia 40 tahun, setiap orang harus memiliki strategi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, salah satunya menjaga pola makan.

Lantas, pola makan seperti apa yang baik untuk usia 40 tahun ke atas?

Jenis makanan

Jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya harus seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, sayur dan buah.

Misalnya, dalam satu piring terdapat nasi, ikan atau dada ayam, dan sayur. Kemudian setelah atau sebelum makan, konsumsilah buah apa saja yang kamu suka.

Namun, kurangi mengonsumsi makanan tinggi kolesterol seperti kulit ayam, organ dalam sapi atau jeroan, kuning telur, dan lain-lain. Karena kolesterol adalah penyakit yang rentan muncul pada seseorang di usia tua.

Khusus untuk perempuan, perbanyak makanan yang mrngandung vitamin D dan kalsium karena lebih rentan terkena osteoporosis.

Jumlah makanan

Dalam setiap kali makan, sebaiknya konsumsi makanan dengan porsi kecil untuk mencegah obesitas akibat metabolisme yang mulai melambat.

Jadwal makan

Makanlah setiap 3 atau 4 jam sekali setiap harinya. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan makan makanan ringan.

Makan dengan porsi kecil dengan jarak waktu 3 atau 4 jam sekali akan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah makan kalap.

Cara memasak

Batasi pemakaian gula, garam, dan minyak saat memasak untuk menghindari terjadinya penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, dan kolesterol.

Selain menjaga pola makan, imbangi dengan olahraga secara teratur dan tidur yang cukup agar tetap sehat di usia 40 tahun ke atas.