Jum'at, 19 April 2024
Dany Garjito | Krishnayanti C : Senin, 01 Oktober 2018 | 09:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Nyaman atau tidaknya kamar tidur dan kasur ternyata merupakan salah satu faktor penentu kualitas tidur seseorang. Kasur yang empuk dan nyaman itu penting agar tidur lebih nyenyak.

Lalu, bagaimana kondisi kasur yang kamu gunakan selama ini? Jika sudah lebih dari 10 tahun, sebaiknya ganti, karena kasur yang sudah terlalu tua dapat menyebabkan beberapa efek negatif seperti,

1. Debu, tungau, dan jamur menempel di kasur

Pernahkah kamu melihat adanya noda hitam kecil-kecil pada kasurmu? Noda ini merupakan kumpulan dari debu, kotoran, jamur, bakteri, dan lain-lain yang telah lama bersarang di kasur.

Keringat dari tubuh seseorang juga dapat memicu munculnya jamur yang dapat mengganggu saluran pernapasan dan kesehatan tubuh.

2. Mempengaruhi daya ingat

Tidur adalah salah satu cara untuk memperbaiki daya ingat. Namun, jika kasur yang digunakan sudah tidak nyaman, daya ingat seseorang akan terganggu.

Hal ini disebabkan kasur yang sudah tua dan tidak nyaman dapat menurunkan kualitas tidur seseorang.

3. Alergi

Selama tidur, setiap orang menghasilkan sel kulit mati dan minyak alami dari tubuhnya yang dapat memicu datangnya debu dan tungau.

Kasur yang sudah tua, ditambah malas membersihkan kasur dan mengganti seprai akan mendatangkan beberapa bakteri yang dapat menimbulkan alergi pada seseorang. Baik itu alergi pernapasan maupun alergi kulit.

4. Penyakit asma

Menurut dr. Cynthia Bodkin, seorang spesialis gangguan tidur, kasur yang sudah tua memang tidak selalu menyebabkan asma. Namun, bagi orang yang sudah punya asma, risiko serangan kambuh menjadi lebih besar.

Memiliki kualitas tidur yang optimal mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan, yaitu menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes, dan meningkatkan kemampuan otak.

Maka dari itu, jagalah lingkungan tempat tidurmu selalu bersih dan nyaman.

BACA SELANJUTNYA

Letakkan Sabun di Bawah Kasur Sebelum Tidur, Ini yang Akan Terjadi!