Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 18 September 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Banyak film atau program televisi yang menceritakan kisah salah satu pemerannya mengalami kecelakaan dan cedera pada bagian kepala sehingga menyebabkan amnesia. Hal tersebut lantas membuat orang bertanya-tanya, apa itu amnesia? Benarkah penyebabnya benturan di kepala?

Amnesia merupakan penyakit kehilangan ingatan yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengingat pengalaman, informasi, atau kejadian yang pernah dialami. Secara medis, amnesia dibagi dalam tiga jenis yaitu amnesia anterograde, retrograde, dan transient global amnesia (TGA).

Amnesia anterograde menyebabkan penderita sulit membentuk ingatan baru. Retrograde menyebabkan penderita tidak bisa mengingat kejadian atau informasi yang telah lalu. Sedangkan TGA terjadi apabila seseorang mengalami hilang ingatan sebelum peristiwa traumatis, sehingga menyebabkan agitasi dan kebingungan.

Ilustrasi hilang ingatan. (iStock)

Namun pada beberapa kasus hilang ingatan, penderita juga dapat mengalami ingatan palsu (konfabulasi). Konfabulasi merupakan pembentukan ingatan baik berdasarkan fakta sebenarnya atau bahkan karangan, tapi ditempatkan pada waktu yang salah.

Amnesia sendiri terjadi karena adanya kerusakan pada bagian otak yang membentuk sistem limbik. Di mana sistem ini berperan dalam mengatur emosi dan ingatan seseorang.

Penyebab seseorang bisa terkena amnesia di antaranya kecelakaan yang mengakibatkan adanya cedera di kepala. Peradangan otak, tumor otak, kurangnya suplai oksigen di otak, dan trauma psikologis juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Dalam langkah penyembuhan, penderita amnesia akan menjalani rangkaian terapi untuk melatih memori. Terapis biasanya akan menggunakan bantuan musik, foto, atau wewangian yang bisa memicu pulihnya ingatan.

BACA SELANJUTNYA

Alat IUD Menembus Rahim, Wanita Ini Sakit Punggung hingga Amnesia