Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 18 September 2018 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Memiliki kulit sehat dan cerah tentu merupakan impian setiap orang. Perawatan demi perawatan dilakukan untuk mendapatkan tampilan kulit yang diinginkan.

Sayangnya, tidak semua informasi mengenai perawatan kulit yang beredar benar adanya. Memang tidak membahayakan, tapi merupakan suatu kesia-siaan jika kita melakukan hal yang ternyata mitos belaka. Berikut ulasannya.

1. Scrub bisa bikin kulit tipis

Informasi yang beredar mengatakan bahwa sebaiknya penggunaan scrub tidak dilakukan setiap hari karena bikin kulit tipis.

Kabar tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena penggunaan scrub memang hanya disarankan sebanyak 1-2 kali setiap minggu. Itu untuk kulit kering.

Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, penggunaan scrub bisa dilakukan sebanyak 4-5 kali per minggu.

Namun di sisi lain, perlu kamu tahu bahwa penggunaan scrub akan membuat sel-sel kulit mati terkelupas (eksfoliasi) dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Ilustrasi menggunakan scrub. (liveabout)

Hal ini diperkuat berdasarkan penuturan dari profesor klinis dermatologi di Tulane University School of Medicine bernama Mary P. Lupo, MD, FAAD, bahwa melakukan eksfoliasi dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit justru dibutuhkan karena dapat meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit.

Tak hanya itu, melakukan eksfoliasi dengan produk yang sesuai juga bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Nah, tanda penuaan dini bisa muncul jika kolagen berkurang.

2. Pakai tabir surya kalau cuaca terik saja

Terik atau tidak, matahari tetap memancarkan sinarnya dan sinar UV tetap mencapai permukaan bumi seperti biasanya. Jadi tak ada alasan untuk tidak memakai tabir surya ketika cuaca sedang mendung ya.

Gunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15 supaya kulitmu tetap sehat dan terlindungi dari sinar UV.

Ilustrasi menggunakan tabir surya. (huffingtonpost)

3. Facial bisa singkirkan jerawat

Banyak orang menyarankan untuk melakukan facial ketika ada jerawat muncul di wajah. Padahal ada penelitian di India yang menunjukkan fakta bahwa facial menjadi pemicu munculnya jerawat pada 80% partisipan penelitian tersebut.

Tak hanya itu, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa facial tidak memberikan kulit manfaat jangka panjang.

Jadi, masih mau percaya mitos perawatan kulit di atas?

BACA SELANJUTNYA

Berfasilitas Lengkap, Klinik Mydervia Jogja Tawarkan Perawatan Kulit Estetik dan Kelamin