Minggu, 31 Mei 2020
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Senin, 17 September 2018 | 22:30 WIB

Himedik.com - Mulut kering pasti pernah dialami oleh setiap orang. Seringkali terjadi karena dehidrasi atau kurang minum.

Apalagi jika cuaca sedang panas dan berada di bawah terik matahari, maka mulut semakin kering bahkan sampai ke tenggorokan.

Tapi ternyata bukan karena hal itu saja, lho. Beberapa hal ini juga menjadi penyebab mulut kering.

1. Faktor usia

Semakin bertambahnya usia, maka semakin menurun pula produksi air liur. Maka banyak orang lanjut usia yang mengalami mulut kering

2. Merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkhol juga dapat menurunkan produksi air liur sehingga menyebabkan mulut kering.

3. Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat tanpa resep biasanya memiliki efek samping berupa mulut kering. Obat-obatan tersebut antara lain obat penenang atau obat bius, obat hipertensi, serta beberapa antihistamin, dekongestan, dan obat nyeri otot.

4. Terapi kanker

Terapi kanker dengan kemoterapi atau radiasi akan menyebabkan mulut kering, karena dapat mengubah sifat dan jumlah air liur. Namun, hal ini akan kembali normal setelah terapi selesai.

5. Kerusakan saraf

Saraf yang ada di kepala dan leher berperan penting untuk mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah supaya menghasilkan air liur.

Jika saraf-saraf tersebut rusak, maka tidak ada lagi saraf yang mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah, sehingga produksi air liur menurun dan mulut menjadi kering.

6. Penyakit tertentu

Beberapa penyakit tertentu seperti sariawan, gondongan, diabetes, stroke, hingga HIV/AIDS juga dapat menjadi penyebab mulut kering.

Jika mulut kering yang kamu alami tak kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.